Sukses

5 Tips Mengatasi Kecemasan Finansial

Berikut ini 5 tips yang dapat membantu Anda mengatasi stres keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan tekanan finansial seringkali bisa membuat stres dan tingkat kecemasan meningkat. Padahal hal ini seharusnya dapat diatasi dengan baik. Bagaimana caranya?

Melansir CNBC, Jumat (29/4/2022), berikut ini 5 tips yang dapat membantu Anda mengatasi stres keuangan.

1. Ketahui bahwa Anda tidak sendiri

Ketika merasa sendirian, stres Anda mungkin akan semakin meningkat. Pada intinya, jika Anda stres tentang uang, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Menurut American Psychological Association, masalah uang adalah sumber utama stres dalam kehidupan 7 dari 10 orang dewasa.

2. Luangkan waktu beristirahat

Ketika cemas, pikiran bisa lepas kendali. Jadi, sangat penting untuk istirahat dan menjernihkan pikiran. Kemudian bangun beberapa aktivitas untuk memulai respons relaksasi penting demi kesehatan mental Anda.

Aktivitas tersebut bisa berjalan-jalan, mendengarkan musik, membaca buku, atau meluangkan waktu untuk bernapas dalam-dalam. Selain itu, melakukan latihan pernapasan juga dapat membantu menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan hormon stres, dan membantu Anda berpikir jernih. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Hindari pemikiran negatif

‘Saya punya utang kartu kredit. Aku gagal dalam segala hal’ atau ‘Saya kehilangan pekerjaan saya. Aku akan menjadi miskin selama-lamanya’.

Merasakan tekanan finansial dapat dengan mudah untuk tergelincir ke dalam pemikiran negatif dan merenungkan sesuatu secara tidak rasional tentang apa yang mungkin terjadi dan siapa kita. Pikiran yang berlebihan itu sebenarnya yang menciptakan emosi sehingga membuat stres.

Oleh karena itu, untuk meminimalkan dampak negatif dari kekhawatiran irasional, Anda perlu menjaga segala sesuatunya tetap dalam perspektif.

 

 

3 dari 3 halaman

Next

4. Pikirkan tentang skenario terburuk

Meskipun situasi keuangan kemungkinan besar tidak mengancam jiwa, Anda bisa stres keuangan. Jadi, latihan ini membantu Anda menghadapi ketakutan secara langsung. Mencermati skenario terburuk memiliki dampak paradoks dalam menurunkan kecemasan Anda. Ini adalah bentuk terapi pemaparan dan dapat membantu Anda menjaga segala sesuatunya tetap dalam perspektif.

5. Minta bantuan

Kecemasan Anda meningkat ketika kurang percaya diri pada kemampuan untuk menghadapi tantangan. Ini biasa terjadi di bidang keuangan pribadi, di mana banyak orang tidak memiliki literasi keuangan dasar.

Jika kecemasan finansial menyebabkan Anda mengalami kesulitan secara signifikan atau sulit untuk mengatur hidup, Anda mungkin bisa mencari bantuan. Jadi, coba pertimbangkan meminta bantuan dari profesional kesehatan mental dan/atau perencanaan keuangan untuk membantu Anda mengatasi kecemasan demi membuat kemajuan dalam mengatasi tantangan keuangan Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini