Sukses

Sri Mulyani Minta Anak Buah Rajin Edukasi Agar Pajak Tak Dianggap Ruwet

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku kerap mendengar keluhan perihal pengurusan pajak  dari wajib pajak (WP).

Ini salah satu yang membuat pajak disegani dan dihindari masyarakat karena konsepnya yang rumit dan sulit dipahami kalangan awam.

"Pajak itu sering kali dikeluhkan ruwet, dan rumit," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Sulitnya memahami perpajakan ini membuat masyarakat awam akhirnya memiliki persepsi yang kurang baik terkait pajak.

Dari berbagai keluahan tersebut, Sri Mulyani minta para pegawai, khususnya di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kementerian Keuangan untuk berinovasi untuk bisa memberikan penjelasan yang paling sederhana dan mudah dimengerti masyarakat awam.

Para petugas pajak dapat memanfaatkan teknologi dan sosial media untuk memberikan edukasi dan publikasi yang mudah dipahami.

"Hal-hal yang simpel buat orang pajak itu memang bisa dimengerti, tapi tidak buat masyarakat, butuh kreativitas dan inovasi dan teknologi," kata dia.

Sri Mulyani meminta edukasi dan sosialisasi dilakukan dengan cara yang sederhana. Misalnya membuat simulasi penghitungan pajak orang pribadi yang sederhana.

Tujuannya agar masyarakat awam bisa paham dan tidak lagi takut atau merasa malas bila membahas tentang pajak.

"Saya minta teman-teman pajak ini disederhanakan. Jangan asusmsi orang awam mudah paham. Apalagi masyarakat awam ini dikasih pasal, ini gak bunyi aja. ini yang harus diterjemahkan," katanya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Edukasi Manfaat

Selain cara menghitung pajaknya, perlu juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan dana pungutan pajak.

Uang negara yang dihasilkan dari pajak tidak melulu berujung di pembangunan proyek infrastruktur, melainkan berbagai kegiatan ekonomi, sosial dan budaya yang ada di Indonesia.

Melainkan juga berbagi fasilitas yang diberikan pemerintah kepada warganya. Termasuk stabilitas keamanan nasional yang juga dibiayai pemerintah.

"Cas HP pakai listrik, itu ada elemen subsidi dari pajak. Jadi pajak ini hampir di semua sisi kehiduan kita dan itu yang jaga Indonesia," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.
    Pajak
  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.
    Sri Mulyani