Sukses

2 Wilayah Ini Diproyeksi Jadi Kota Satelit IKN Nusantara

Liputan6.com, Jakarta Perpindahan Ibu Kota Negara disebut jadi salah satu pendorong ekonomi Indonesia. Namun, ini tak terlepas dari pengembangan ekonomi di wilayah sekitar IKN Nusantara.

Samarinda dan Balikpapan misalnya yang digasang jadi pendukung pertumbuhan ekonomi Ibu Kota Negara Nusantara. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional mencatat pemindahan IKN bukan sekadar perpindahan administrasi pemerintahan.

"Ini dilengkali dengan pengembangan sektor ekonomi di wilayah sekitar IKN Nusantara, jadi satu yang bisa mendorong bergeraknya ekonomi pembangunan infrastruktur logistik dan infrastruktur pendukung lainnya dan infrastruktur dasar tapi pembangunan infrastruktur tadi," kata Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar dalam Indonesia Economic Outlook 2022, Rabu (26/1/2022).

Ia memastikan pihaknya memiliki strategi pengembangan ekonomi di IKN Nusantara. Sehingga IKN Nusantara akan jadi pendukung pengembangan ekonomi wilayah sekitarnya.

"Nanti kalau kita lihat (IKN Nusantara) jadi saraf pusat pemerintahan, ada industri bersih teknologi tinggi ini akan didukung Samarinda yang jadi jantung pusat sektor energi berkelanjutan dimana jadi basis manufaktur Energi Baru Terbarukan (EBT)," katanya.

Sementara, Balikpapan akan menjadi simpul hilirisasi industri minyak dan gas bumi. Artinya ini akan jadi ujung pemrosesan produk petrokimia dan hilirisasi lainnya. Serta Balikpapan juga disebut bakal jadi pelabuhan dari berbagai daerah menuju IKn Nusantara.

"Artinya ibu kota ini harus memberikan peluang investasi baru, baik menengah atau jangka panjang. Sehingga bisa menciptakan peluang kerja dan sumber pertumbuhan ekonomi baru dengan konsep pengembangan industri berteknologi tinggi dan prinsip berkelanjutan," tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jadi Negara Maju

Pembangunan IKN Nusantara guna mencapai visi Indonesia Emas 2045 juga kata dia sebagai akselerasi menjadi negara maju. Artinya, IKN Nusantara jadi salah satu akselerator menuju negara maju.

"Motivasi kedua jadi identitas nasional dimana ini jadi benchmark untuk suatu IKN yang cerdas hijau indah berkelanjutan, modern dan berstandar internasional," kata dia.

"Ini juga tujuan mengubah orientasi pembangunan dari jawa sentris menjadi indonesia sentris dan percepat pemulihan dan tranformasi ekonomi nasional pasca covid-19," imbuhnya.