Sukses

Mau Coba Investasi Properti? Perhatikan 5 Hal Ini Biar Untung

Liputan6.com, Jakarta Selain dengan uang atau aset digital, banyak orang juga tertarik untuk investasi properti atau real estate. Namun supaya untung, tentunya investor harus tahu apa saja trik-trik yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, salah satu pendiri sekaligus arsitektur Villa Ortiga Sarabjit Singh membagikan tips-tipsnya supaya para investor real estat tidak merugi ketika berkecimpung di dalamnya.

Investasi real estat bertindak sebagai sumber daya yang menyelamatkan jiwa dalam menghadapi kesulitan dan keadaan yang tidak terduga,” tuturnya seperti melansir laman Financial Express, Minggu (16/01/2022).

Lebih lanjut dia menambahkan, “Oleh karena itu, penting untuk mengingat faktor-faktor tertentu yang memungkinkan perolehan pendapatan maksimum dari investasi,” Misalnya pertimbangan terkait lokasi property hingga desain dan kualitasnya. Itu semua berperan besar dan harus dipikirkan sebelum mulai berinvestasi.

Selain itu, juga ada lagi lainnya hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum berinvestasi real estat. Berikut ini penjelasannya.

1. Lokasi Properti

Para ahli mengatakan, lokasi properti adalah salah satu kriteria yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum mulai berinvestasi di real estat.

Singh menjelaskan, “Memastikan bahwa semua layanan dan fasilitas penting, seperti sekolah, pasar, kantor, dan bandara yang berada di sekitarnya terhubung dengan baik, terutama ke bagian lain, itu adalah salah satu cara termudah untuk menjamin investasi properti mencapai harga yang baik.”

2. Desain Properti

Selanjutnya, pertimbangkan mengenai desain dari properti tersebut. “Nilai desain yang baik diwujudkan dari waktu ke waktu,” kata Singh. Menurutnya, ketika sebuah bangunan dirancang oleh sebuah firma arsitektur yang baik, perancangan dan bangunannya pun akan baik pula. Bahkan bila arsitek tersebut memilih bahan-bahan yang kokoh sehingga tidak pernah mengalami perbaikan, properti tersebut otomatis termasuk yang premium. Di situlah investor akan untung karena harga bisa naik.

 

2 dari 3 halaman

3. Kualitas properti

Properti yang berkualitas itu diciptakan dari para arsitektur sekaligus pekerja proyek yang andal. “Pekerja yang menggunakan teknik konstruksi mutakhir dan peralatan terbaru dapat membuat bangunan berkualitas tinggi dan tahan lama yang dapat bertahan lama pula,” kata Singh. Dengan demikian, poin ini memastikan bahwa pengeluaran berada di titik minimum yang otomatis akan menghemat biaya.

4. Harga Sewa Tinggi

Selain peningkatan nilai bawaannya, investasi real estat juga dapat memberi investor pendapatan sewa. Memilih properti di lokasi utama yang dirancang dengan baik dan telah menggunakan bahan berkualitas serta teknik konstruksi, para ahli mengatakan itu akan menghasilkan harga sewa yang tinggi. Dari situ para investor bisa mendapatkan keuntungan investasi yang bisa jadi berlipat-lipat.

 

3 dari 3 halaman

5. Nilai Jual Bisa Kembali dengan Cepat

Ketika real estat berada di tempat strategis dan ingin menjualnya, itu biasanya tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Singh menjelaskan, “Potensi nyata dari setiap investasi real estat hanya terbuka saat dijual, sehingga membuat nilai jual kembali yang cepat menjadi sangat penting dalam hal ini.”

Sementara itu, faktor-faktor lain, seperti lokasi, ruang tanah, dan permintaan lokal dari lingkungan tertentu, itu juga harus diperhitungkan saat membeli properti.

Lebih lanjut dia menambahkan, “Investor harus mempelajari rekam jejak untuk melihat siapa yang terakhir menjual properti, berapa harganya, dan kapan menentukan nilai jual kembali.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati