Sukses

Dilarang Pakai Solar, Ini Tanggapan Pengusaha Pelayaran

Asosiasi Perusahaan Pelayaran Indonesia (Indonesia National Shipowners Association/INSA) menyatakan kebijakan pemerintah melarang pemakaian bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar untuk kapal barang non perintis dan non pelayaran rakyat tidak memberikan dampak yang signifikan ke pengusaha .

"Kebijakan ini tidak berpengaruh besar,"  ungkap Wakil Ketua Umum INSA bidang Angkutan Kontainer, General Cargo, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Asmary Hery di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (10/1/2013).

Hal itu disebabkan saat ini perusahaan pelayaran sudah menggunakan BBM non subsidi untuk aktifitas operasionalnya. "Selama ini kami tidak memakai BBM subsidi jenis solar," kata Asmary.

Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pengendalian Penggunaan Bahan Bakar Minyak
Pemerintah, pemerintah melarang kapal barang non perintis dan non pelayaran rakyat menggunakan solar  mulai 1 Februari 2013.

Dalam aturan itu, pemerintah tidak hanya melarang sektor transportasi laut, tapi juga melarang mobil barang yang mengangkut hasil perkebunan dan tambang serta perkebunan menggunakan solar. (EST/NDW)



    Artikel Selanjutnya
    Aturan Diteken, 1.926 SPBU Pertamina Akan Jual Premium Lagi
    Artikel Selanjutnya
    Pantau BBM Subsidi, Mesin SPBU Bakal Dipasangi Alat Canggih