Sukses

Tak Takut Omicron, 16 Ribu WNI Tinggalkan Indonesia Lewat Bandara Soekarno Hatta

Ribuan WNI meninggalkan Indonesia berbagai negara. Sebelumnya Menko Luhut sudah meminta menahan diri untuk ke luar negeri untuk menghindari penyebaran omicron.

Liputan6.com, Jakarta - Manfaatkan moment libur Natal dan Tahun Baru 2022, Warga Negara Indonesia (WNI) beramai-ramai meninggalkan Indonesia untuk pergi liburan dan perjalanan bisnis melalui Bandara Soekarno Hatta (Bandara Soetta).

Padahal sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19 varian baru Omicron.

Menurut Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi pada Kantor Imigrasi TPI Bandara Soekarno Hatta Verico Sandi, masyarakat memanfaatkan hari libur yang ditetapkan pemerintah. Setidaknya ada tiga tujuan para WNI meninggalkan Indonesia pada saat akhir tahun.

"Mereka ke luar negeri dalam rangka perjalanan bisnis, wisata dan para pelajar yang mau mendaftarkan kuliah di luar negeri,"ujarnya, saat Refleksi Akhir Tahun Imigrasi TPI Bandara Soekarno Hatta, Kamis (30/12/2021).

Menurutnya, banyak pembisnis yang mulai bergairah kembali untuk ekspansi usaha di luar negeri, kemudian bertemu kliennya di luar Indonesia. Dalam perjalanan bisnisnya, diantara mereka juga membawa serta keluarga, untuk tujuan libur akhir tahun.

"Juga ada calon pelajar yang mau survei tempat kuliahnya di luar negeri untuk tahun ajaran baru 2022, sehingga memanfaatkan akhir tahun ini,"katanya.

Ditambah, tidak adanya larangan WNI untuk sekedar berlibur ke luar negeri, membuat masyarakat merasa percaya diri untuk sekedar menghabiskan waktu di negara yang sudah diincar untuk tujuan berlibur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian yang Tiggalkan Indonesia

Sementara, berdasarkan data yang dihimpun Imigrasi TPI Bandara Soekarno Hatta, mulai dari 22 sampai 29 Desember 2021, terdapat ribuan WNI yang sudah meninggalkan Indonesia ke negara berbagai tujuan.

"Tercatat pada tanggal 23 Desember 2021, ada 3.303 WNI yang berangkat ke luar negeri dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Kemudian pada tanggal 29 Desember 2021, tercatat ada penurunan ke angka 1.691 orang," tutur Habiburrahman, Kabid Teknologi dan Komunikasi Kantor Imigrasi TPI Bandara Soekarno Hatta.

Lalu, untuk kedatangan para WNI pada 23 Desember 2021 sebanyak 2.679 orang dan pada 29 Desember 2021 sebanyak 2.234 orang.

"Sehingga bila ditotal, ada 16.939 WNI keberangkatan dari Bandara Soetta. Dan 17.833 WNI yang tiba di Bandara Soetta, terhitung dari tanggal 22 sampai 29 Desember, " kata Habiburrahman. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri bila tidak ada urusan mendesak. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19 varian baru Omicron.

"Kita imbau tadi, enggak dulu libur ke luar luar negeri dulu deh, biar enggak bawa penyakit ke dalam negeri ini," kata Luhut dalam konferensi pers antisipasi omicron, Senin (13/12/2021).

Menurut dia, banyak tempat liburan atau wisata di Indonesia yang dapat dikunjungi. Luhut juga telah meminta tempat wisata, hotel ataupun penginapan, dibuka.

"Masih banyak tempat-tempat liburan di republik ini yang masih bisa kita kunjungi. Dan itu kita sudah minta agar hotel-hotel semua pada dibuka, perjalanan kita berusaha bangun," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.