Sukses

Sederet Persiapan Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP 2022

ITDC bakal meningkatkan kelengkapan fasilitas di Sirkuit Mandalika demi penyelenggaraan MotoGP 2022

Liputan6.com, Jakarta PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bakal meningkatkan kelengkapan fasilitas di Sirkuit Mandalika. Upaya ini dalam rangka menyambut gelaran MotoGP dan MOTUL FIM WSBK 2022.

Peningkatan kelengkapan penyelenggaraan balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika diperlukan khususnya untuk memenuhi syarat homologasi penyelenggaraan event MotoGP. Syarat dan ketentuan dalam penilaian homologasi tersebut berdasarkan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Guidelines.

Diantaranya adalah additional protective devices, track marking, verges and run-off areas, gravel beds, tyre barriers, turn signs, start lights, dan all along the track. Kemudian both sides, pit lane axit, starting grid, flag marshal posts, light panel and equipments, track marshal post and equipment, track maintenance, drainage system dan long lap penalty zone.

Guna memenuhi kelengkapan ini, ITDC Group telah berkoordinasisecara intensif dengan sejumlah pihak yaitu Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dorna Sports dan FIM.

Vice CEO MGPA Cahyadi Wanda mengatakan pihaknya telah mendapatkan apresiasi porsitif dari pembalap pada gelaran WSBK 2021 lalu. Namun ia mengaku masih ada yang perlu dilengkapi terkait fasilitas.

“Saat ini, kami fokus melengkapi kelengkapan penyelenggaraan balapan dan fasilitas pendukung sirkuit guna memenuhi prasyarat penyelenggaraan balap motor yang akan berlangsung di The Mandalika tahun depan yaitu MotoGP dan WSBK. Kami optimistis semua prasyarat dapat terpenuhi dan lolos homologasi sebelum balapan MotoGP berlangsung,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (17/12/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

MotoGP pada 18-20 Maret 2022

Sementara itu, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis Arie Prasetyo menyambut positif pengumuman Dorna Sports. Dimana telah ditetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022 dan WSBK pada 11-13 November.

“Ini merupakan bukti kepercayaan Dorna Sports atas kesiapan Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam menggelar event balap motor berkelas dunia. Dalam rangka mendukung penyelenggaraan event balap motor tahun depan dan meningkatkan kenyamanan tim balap maupun penonton, kami juga tengah meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung sirkuit,” tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.