Sukses

Kartu Prakerja Mampu Pangkas Angka Pengangguran

Program Kartu Prakerja juga terbukti mampu mengakselerasi inklusi keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Program Kartu Prakerja mampu menciptakan lapangan kerja hingga kewirausahaan baru. Program Kartu Prakerja merupakan terobosan kebijakan ekonomi di bidang ketenagakerjaan.

"Ini terlihat dari penerima Kartu Prakerja dari tidak bekerja menjadi bekerja," kata Airlangga Hararto dalam konferensi pers, Rabu (15/12/2021).

Jumlah angkatan kerja yang bekerja sejak adanya program ini mencapai 62 persen. Angka ini meningkat dari sebelumnya hanya sekitar 49 persen. "Dari penerima Kartu Prakerja saat ini sudah bekerja atau menjadi wirausaha," ujar dia.

Di samping itu, jumlah yang menganggur juga tercatat mengalami pengurangan sejak kehadiran program ini. Dari 56 persen menjadi 39,8 persen.

Program Kartu Prakerja ini juga terbukti mampu mengakselerasi inklusi keuangan.

Tercatat sebanyak 28 persen penerima yang tidak memiliki rekening di e-wallet sebelum mengikuti program, telah memiliki rekening e-wallet setelah program.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka Februari 2022

Program Kartu Prakerja Gelombang 23 rencananya akan dibuka pada awal atau akhir Februari 2022. Hal itu disampaikan oleh kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi Pers Penutupan program Kartu Prakerja 2021, Rabu (15/12/2021).

“Di sekitar akhir atau awal Februari kami akan umumkan kapan gelombang 23 akan diumumkan,” kata Menko Airlangga Hartarto.

Untuk persiapan pembukaan kartu Prakerja gelombang 23 masih dalam pembahasan dan akan diputuskan ketika rapat komite dalam waktu dekat.

Secara total penentuan calon peserta penerima program Kartu Prakerja tahun 2022 diperkirakan sekitar 3 juta sampai 4,5 juta dan pendaftaran masih sama melalui www.prakerja.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.