Sukses

Luhut Buktikan Ekonomi Pulih: Tamu Kami dari China Hampir Tidak Dapat Hotel di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan membuktikan jika kondisi ekonomi Indonesia yang mulai memasuki tren pulih.

Dia melihat ini dari pengalaman pribadi saat menerima tamu dari China. Ternyata tamu yang datang hampir tidak mendapatkan kamar hotel di Jakarta karena penuh.

Tingkat hunian kamar hotel atau okupansi yang hampir penuh ini dinilai menjadi pertanda nyata. "Kalau Anda cek hotel di Jakarta sekarang (okupansi) hampir penuh. Karena kemarin ada tamu kami dari Tiongkok (China) yang investor besar itu hampir tidak dapat hotel. Jadi, salah satu contoh betapa bagus (pemulihan ekonomi nasional)," ungkap dia dalam Webinar Arah Bisnis 2022, Jakarta, Rabu (15/12).

Selain okupansi, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) saat ini ikut naik. Dalam bahan paparannya, IKK di level 118,5 poin meningkat dari Agustus lalu yang berada di bawah level 100.

"Dan belanja masyarakat berada di atas tingkat sebelum pandemi. Ini menggembirakan," girangnya.

 

2 dari 2 halaman

Jaga Protokol Kesehatan

Hal lain terlihat pada penjualan ritel juga meningkat. Berbagai catatan positif tersebut dampak dari penurunan kasus harian Covid-19 di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir.

Dia meminta masyarakat tak kendor protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas sosial maupun ekonomi. Dengan begitu, tren pemulihan ekonomi nasional bisa terus dipertahankan.

"Berkali-kali saya sampaikan, bahwa kebangkitan ekonomi bergantung pada keberhasilan pandemi Covid-19," tandas dia.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com