Sukses

Sri Mulyani Minta Olimpiade APBN Dibuat Layaknya Indonesian Idol

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Olimpiade APBN sudah menjadi tradisi menyambut HUT Kementerian Keuangan. Olimpiade ini diikuti para pelajar tingkat sekolah menengah hingga mahasiswa untuk memahami lebih dalam instrumen penting yakni APBN.

"Olimpiade ini tradisi untuk memperingati hari keuangan negara sebagai institusi yang mengelola keuangan negara. Kita ini melakukan inisiatif untuk mengundang anak-anak dan mahasiswa ini berlomba tentang instrumen yang penting yakni APBN," kata Sri Mulyani dalam Final Olimpiade APBN, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Sri Mulyani mengaku bangga karena peminat dari Olimpiade APBN dari tahun ke tahun terus bertambah. Bahkan tahun ini diikuti ribuan peserta dari seluruh sekolah di Indonesia dan beberapa sekolah cabang Indonesia di luar negeri. Dia tak menyangka perlombaan tentang keuangan negara banyak diminati generasi muda.

"Anak-anak Indonesia punya semangat yang sehat dan saya kagum. Saya ikut lomba waktu SMA tapi tidak ada lomba APBN. Adanya mobil hias, gerak jalan dan lain-lain, lomba APBN tidak ada dan sekarang saya jadi menteri ini bikin lomba APBN dan ternyata sambutannya luar biasa," ungkap Sri Mulyani.

Tingginya antusias pelajar dan mahasiswa ini Sri Mulyani mengusulkan agar konsep lomba dibuat lebih kreatif seperti ajang pencarian bakat Indonesian Idol.

Konsep lomba tersebut bisa memperlihatkan daya juang dan kompetitif para generasi muda untuk mengetahui dan memahami lebih dalam tentang keuangan negara.

"Saya usul kita bikin lomba per kepulauan atau bikin kaya Indonesian Idol. Jadi anak-anak ini terus menerus dilatih kompetitif dan semangat itu dipelihara," kata dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pesan Sri Mulyani

Sri Mulyani berpesan para peserta Olimpiade APBN 2021 merupakan para pemenang di antara para pelajar. Alasannya mereka telah mempelajari instrumen negara yang bukan menjadi bagian dari pelajaran wajib di sekolah.

Rasa ingin tahu dan berkompetisi dalam memahami keuangan negara sudah lebih dari cukup untuk menjadi pemenang perlombaan. Bagi para peserta yang lolos masuk ke final, Sri Mulyani menyebut sebagai pemenang terbaik dan siapa pun yang memenangkan perlombaan ini menjadi pemenang sesungguhnya.

"Kalian merupakan the best of the best yang berhasil menyisihkan 2000 lebih orang," kata dia.

Dia berharap, para peserta tidak puas diri karena dan tetap memelihara rasa keingintahuan tentang keuangan negara. Apapun profesi yang dijalani di masa depan.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com