Sukses

Menko Luhut di Rapat Infrastruktur: Jangan Ada Proyek Mangkrak, Semua Harus Selesai

Pemerataan pembangunan harus dilaksanakan dan diharapkan tidak ada yang tertunda.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah di Provinsi Lampung, Kamis (19/08/2021).

Rapat ini dalam rangka mendorong pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Menko Luhut didampingi Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Ayodhia Kalake serta Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air, Rahman Hidayat.

“Ada lima pokok bahasan penting yang perlu menjadi perhatian, yaitu konektivitas, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Sumber Daya Air (SDA), Pengembangan Ekonomi Kawasan, serta Pengembangan Infrastruktur,” jelas Luhut dalam keterangannya, Jumat (20/8/2021).

Ia menegaskan bahwa tiap-tiap pemangku kepentingan harus berkolaborasi demi mendukung pemerataan pembangunan di lima aspek ini, melihat Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi yang memiliki letak strategis, khususnya dalam konteks perhubungan.

Menko Luhut menyampaikan pentingnya pembangunan Kereta Api Logistik Lahat - Muara Enim - Prabumulih - Tarahan/ Lampung dan Prabumulih – Kertapati/Palembang untuk meningkatkan kapasitas lintas kereta api penumpang dan pengangkut logistik.

Serta menyelesaikan berbagai permasalahan transportasi, seperti overload angkutan batu bara, kemacetan lalu lintas, menurunkan jumlah kecelakaan dan mengurangi ‘ekonomi biaya tinggi’ akibat inefisiensi transportasi.

Menko juga mengharapkan pembangunan Bendungan Way Sekampung, dan Bendungan Marga Tiga akan memperkuat ketahanan air dan pangan nasional.

Provinsi Lampung hendaknya dapat segera merealisasikan program Food Estate dan melakukan revitalisasi Tambak Udang (Shrimp Farm).

Pengembangan Kawasan Industri Tanggamus, Kawasan Terpadu Pariwisata Bakauheni (Bakauheni Harbour City), Bandara Radin Inten II dan Pusat Kesehatan Internasional, kemudian Pembangunan Jalan Tol dari Exit Tol Lematang menuju Pelabuhan Panjang tentunya akan memberikan efek positif pada pengembangan perekonomian daerah.

Berbagai proyek di tiap lima pokok bahasan tersebut diharapkan dapat dipimpin dengan baik oleh setiap kementerian teknis dan pemerintah daerah.

Menko Luhut berpesan agar proyek yang ada dapat ditata sesuai dengan rencana pembangunan yang matang,

“Kita tidak mau ada proyek yang mangkrak, kita bikin semua plan, kami sepakat jangan ada proyek mangkrak, proyek harus selesai,” tegasnya.

Selain itu, Provinsi Lampung juga memiliki berbagai potensi dalam berbagai bidang, baik dalam konteks pariwisata, industri, dan pertanian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Infrastruktur ke Depan

Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil mengharapkan pemerataan pembangunan ini dapat didukung semua pihak, dan dapat memanfaatkan tenaga dan wawasan yang dimiliki mahasiswa untuk membantu penataan OSS (One Single Submission) demi mengintegrasikan perizinan berusaha berbasis risiko.

“Tata ruang Kabupaten dan Kota harus segera disesuaikan, karena hampir semua RT/RW Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung masih ketinggalan, kecuali Kabupaten Pesawaran," tegasnya/

"Kami telah menyelesaikan beberapa pembangunan bendungan demi memenuhi kebutuhan SPAM dan SDA, keberadaannya akan terus kami pantau,” tambah Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Menteri Basuki juga memaparkan beberapa bendungan air yang tinggal menunggu peresmian Presiden, seperti Bendungan Wey Sekampung dan Marga Tiga yang juga menjadi bagian dari proyek strategi nasional.

“SPAM Bandar Lampung telah berjalan tetapi memerlukan sedikit penyelesaian teknis seperti jaringan distribusi dan sambungan rumah, itu akan segera dikoordinasikan,” tegasnya.

Menambahkan, Menteri Perhubungan Budi Karya menjelaskan berbagai potensi yang dimiliki provinsi ini, salah satunya berbagai bandar udara, jalur kereta api, pelabuhan, dan terminal yang terus dikawal pembangunan dan pemeliharaannya,

“Pelabuhan Gatot Subroto akan dijadikan pelabuhan isoter yang mendukung percepatan pemulihan pandemi Covid-19,” tegas Menteri Budi.

“Potensi pariwisata di Provinsi Lampung begitu luar biasa, banyak sekali yang dapat dikembangkan seperti Bakauheni Harbour City, potensi pariwisata ombak di Lampung Barat, teluk Kiluan karena keindahan alamnya, dan potensi lainnya,” imbuh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Ia ke depannya akan berkoordinasi langsung dengan pemerintah provinsi terkait pengembangan berbagai potensi ini. Tidak hanya itu, Lampung juga menjadi salah satu provinsi dengan indeks ekonomi tertinggi di pulau Sumatera karena potensi pertaniannya, sehingga program Food Estate dapat dikembangkan secara maksimal bersama dengan Kementerian Pertanian.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menekankan kembali pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur di Provinsi Lampung mengingat potensi yang ada serta posisi strategis Lampung. Selain pengembangan wilayah, Provinsi ini juga menginginkan adanya penguatan sumber daya manusia yang dapat ditunjang melalui infrastruktur.

"Lampung merupakan provinsi penghasil atlet kelas dunia, tapi sayangnya kami belum memiliki sentra olahraga yang mumpuni," ungkapnya.

 

Reporter: Caroline Saskia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.