Sukses

10 Restoran Termahal di Dunia, Ada yang Sekali Makan Habiskan Rp 34,2 Juta

Makanan adalah sesuatu yang harus dicari untuk memuaskan diri. Di mana saja restoran termahal dari belahan dunia?

Liputan6.com, Jakarta Bagi seluruh orang di dunia, tidak ada kata cukup untuk makanan. Makanan adalah sesuatu yang harus dicari untuk memuaskan diri. Tak hanya itu, banyak dari orang di belahan dunia yang rela menghabiskan jutaan uang untuk menikmati hidangan lezat.

Namun, pertanyaan yang mungkin sering kali muncul adalah bagaimana makanan di sebuah restoran bisa begitu mahal? Ada banyak faktor yang berperan di dalamnya, misalnya bahan-bahan mewah seperti jamur liar, kaviar, tuna sirip biru, dan bahan lainnya. 

Dengan bahan tersebut saja bisa mencapai ratusan dolar per pon, apalagi ada bahan makanan seperti truffle putih dari Italia yang memiliki harga senilai USD 10 ribu atau seharga Rp 143,7 juta.

Kemudian, pertanyaan lainnya adalah bagaimana bahan mewah tersebut diolah hingga menghasilkan hidangan yang begitu mewah?

Ternyata, ada persiapan hidangan hebat lewat chef yang berada di dalam dapur. Salah satunya adalah restoran bintang tiga Michelin, yang mana jumlah pekerja dapur lebih banyak dibanding pengunjung yang hadir.

Selain itu, suasana pendukung di restoran juga menjadi faktor pendukung untuk membuat pengunjung nyaman untuk makan di dalamnya.

Dekorasi yang mempesona, peralatan makanan terbaik, dan pelayanan yang rumit akan membuat kesan baik bagi pelanggan.

Melansir dari MSN, Senin (3/1/2022), ada daftar restoran termahal dari belahan dunia yang menghidangkan makanan mewah sekaligus lezat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Restoran Termahal di Dunia

Tentunya, dengan harga yang dapat mencapai jutaan rupiah untuk satu orang saja. Berikut adalah 10 daftar restoran termahal di dunia.

Alinea, Chicago, USA

Restoran yang berlokasi di Chicago, USA menawarkan makan malam untuk satu orang sebesar USD 395 (Rp 5,67 juta). Di balik harga yang begitu tinggi ternyata terdapat koki paling menarik di dunia yaitu Grant Achatz.

Koki tersebut membuat restoran menjadi salah satu yang paling berpengaruh di Amerika saat ini. Jenis makanan yang disajikan juga unik karena mengadaptasi gaya gastronomi modern yang disajikan dengan menarik.

Dari sederetan makanan yang disuguhkan ke pelanggan, semuanya menggunakan bahan makanan mewah, seperti Lamb 86, ledakan kreasi lezat, kentang parmesan, pasta yang menggunakan saus truffle, dan pai labu bening.

Frantzén, Stockholm, Swedia

Restoran yang berlokasi di Sweden juga menawarkan makanan seharga USD 421 (Rp 6,05 juta) untuk satu orang dan makanannya saja. Sama seperti Alinea, Frantzén juga memiliki pertunjukkan memasak yang dilakukan oleh Jonnie dan Therese Boer. 

Kedua orang tersebut berasal dari Swedia yang memiliki dua bintang dari Michelin untuk restorannya. Tempat makan mewah ini masuk dalam daftar di urutan 23 dari 50 restoran terbaik dunia. Keunikan yang dimiliki adalah selalu memiliki cerita dan pengalaman yang berbeda melalui makanan yang disajikan.

Frantzén hanya menampung 20 tamu saja dalam 1 restoran. Oleh karena itu, hidangan paling spesial adalah sushi kuda. Sebuah makanan dengan daging kuda rendah lemak yang sangat sulit dimasak, dapat disajikan dengan kualitas terbaik.

“Namun, perlu dipastikan bahwa kuda yang digunakan adalah kuda Swedia,” jelas Frantzén kepada Food and Wine Gazette pada Senin (9/08/2021). 

Tak hanya itu, waktu menjadi hal penting bagi seluruh pekerja dapur. Semua hidangan harus disajikan dalam kurun waktu 45 menit. 

Restaurant de I’Hôtel de Ville, Swiss

Restoran yang berlokasi di Swiss mampu naik peringkat menjadi restoran terbaik di dunia pada 2019. Selama enam tujuh terakhir, posisi tersebut dipegang oleh restoran Alinea, Chicago. Namun, Franck Giovannini mengambil alih sebagai kepala koki restoran yang bekerja bersama 25 koki.

Ia telah menghabiskan 24 tahun untuk bekerja di dapur. Dengan kemampuan dan pengalamannya selama ini, restoran yang dipimpinnya menawarkan menu dengan 11 hidangan seharga USD 392 (Rp4,48 juta) per orang dan menu lainnya dimulai dari harga USD 317 (Rp4,55 juta).

Mengutip dari INSIDER, Giovannini mengganti menunya setiap lima tahun sekali agar dapat menghasilkan pengalaman bersantap yang luar biasa dan selalu baru.

“Filosofi makanan di sini adalah membuat produk sebaik mungkin. Kami ingin Anda dapat mengenalinya saat Anda memakannya,” jawab Giovannini.

 

 

3 dari 4 halaman

Geranium, Stockholm, Denmark

Restoran mewah di Denmark memberikan kolaborasi dari alam dan teknologi yang diciptakan oleh chef Rasmus Kofoed. Terinspirasi dari bahan-bahan Skandinavia organik, seperti kerang pisau cukur yang dibuat dari tinta cumi-cumi.

Untuk bisa makan di restoran ini, uang yang perlu disiapkan adalah sebesar USD 456 (Rp 6,55 juta) untuk satu orang saja. Rasmus Kofoed adalah koki yang cukup mengesankan karena mendapatkan bintang tiga dari Michelin pertama di Denmark. 

Melalui pengalamannya di dunia kuliner, restoran ini mampu naik dan masuk daftar 50 restoran terbaik di dunia. 

Kitcho Arashiyama, Kyoto, Jepang

Restoran yang dimulai sebagai usaha kecil dari keluarga di Jepang, sekarang sudah mendapatkan bintang tiga dari Michelin. Satu set menu dari Arashiyama ini dapat dibeli seharga 238 euro (Rp4,02 juta) per orang.

Hidangan yang disajikan adalah seperti kepiting biru rebus dengan cuka, sushi barakuda, dan tergantung dari musim apa saat pelanggan hadir ke restoran. Suasana yang ditata seperti upacara minum teh dan bangunan klasik Jepang. Namun, dominasi dari menu yang disajikan adalah masakan kaiseki⎼gaya makan Jepang yang dipengaruhi oleh makanan musiman dari darat dan laut.

Rumah tradisional ini dibangun seolah ingin membuat pelanggan merasa nyaman seperti makan di rumah sendiri. Ada cita rasa yang dimodernisasi, meskipun suasana yang dibangun bergaya tradisional.

Restaurant Guy Savoy, Paris, Perancis

Restoran paling eksklusif di Las Vegas dan satu-satunya restoran yang dimiliki oleh koki Guy Savoy. Melansir dari Las Vegas Magazine, ketika Savoy mulai memasak, yang bisa diharapkan adalah keunggulannya dalam menciptakan rasa.

Hidangan yang diberikan seharga USD 555 (Rp7,97 juta) per orangnya. Tentunya, makanan yang disajikan juga menggunakan bahan-bahan mewah seperti tiram, artichoke dan sup truffle hitam, daging wagyu Jepang A5, iga wagyu AS, dada bebek muscovy, dan bahan mewah lainnya. 

Menu truffle putih disajikan dengan enam jenis dari hidangan pembuka sampai penutup. Tak hanya makanan, minuman yang dicantumkan dalam menu juga menggunakan anggur berkualitas tinggi.

Ultraviolet, Shanghai, China

Restoran mewah lainnya di kawasan Asia membutuhkan waktu 16 tahun untuk membuahkan hasil yang maksimal. Koki asal Perancis, Paul Pairet membuat masing-masing menu selama bertahun-tahun.

Restoran ini memberikan pengalaman kuliner yang unik. Saat menyantap makanan yang disajikan, setiap malam 10 pengunjung secara eksklusif diberikan 10 menu yang harus melibatkan seluruh panca indera Anda. 

Pairet mempercayai bahwa jika mengendalikan suasana, apa yang dimakan pelanggan, serta durasi makan, dapat menciptakan pengalaman bersantap yang sempurna.

 

 

4 dari 4 halaman

Per Se, New York, USA

Restoran termahal di kawasan Amerika Serikat lagi untuk kesekian kalinya memberikan pengalaman bersantap seharga USD 680 (Rp 9,77 juta) per orang.

Bangunan dan suasana elegan dan keramahan pelayanan restoran dilakukan untuk membuat pelanggan nyaman.

Koki Corey Chow sebagai kepala kopi restoran telah menghabiskan beberapa tahun mengasah keterampilan memasaknya di berbagai restoran dan melakukan pelatihan kuliner di tempat bergengsi.

Hidangan spesial dari restoran ini adalah foie gras⎼makanan Perancis dari hati angsa atau bebek, truffle putih, wagyu kualitas tinggi, dan kaviar. Harga yang ditawarkan sudah termasuk dari layanan restoran.

The French Laundry, St. Helena, California

Restoran mewah ini berlokasi di Napa Valley, California yang berhasil mendapatkan bintang tiga dari Michelin sejak 2007. Menurut situs resminya, restoran ini mengubah jenis menunya setiap hari dengan gaya masakan Perancis klasik.

Sejak pandemi mulai membuka restorannya hanya satu sampai tiga ruangan saja. Meskipun kondisi pandemi dilingkupi masalah perekonomian, restoran ini justru menawarkan hal sebaliknya. 

Salah satu unggahan akun resmi restoran tersebut mengatakan akan membuka menu kaviar puluhan juta di French Laundry. Sementara itu, sebelum pandemi harga makan per orangnya berkisar USD 850 (Rp 12,2 juta).

SubliMotion, Ibiza, Spanyol

Lebih dari sekedar restoran termahal di dunia, dekorasi dan pelayanan diberikan diadopsi dengan gaya futuristik. Di bawah pimpinan koki berbintang ganda dari Michelin, Paco Roncero mendorong pengalaman unik yang menggabungkan seni dan ilusionisme pada makanan

Makanan bernilai USD 2.380 (Rp 34,2 juta) untuk satu orang. Terdengar mustahil, tetapi ternyata proses penyajian makanannya berkolaborasi dengan arsitek, ilusionis, dan desainer untuk menciptakan pengalaman audio visual.

“Tidak hanya datang, duduk, dan pergi. Ini adalah pengalaman emosional. Teknik ini memungkinkan orang kagum untuk berbicara tentang makanan, kata Roncero kepada Forbes.

 

Reporter: Caroline Saskia Tanoto

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.