Sukses

Greysia / Apriyani Raih Emas, Segini Bonus Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2021

Liputan6.com, Jakarta Bangga. Indonesia akhirnya mendapatkan medali emas pertama di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Raihan emas disumbangkan ganda putri Greysia Polii / Apriyani Rahayu, Senin (2/8/2021) siang WIB.

Keduanya berhasil menyabet emas setelah menang dua set langsung atas pasangan China Cheng Qingchen/Jia Yi Fan di final ganda putri Olimpiade 2020.

Selain kebanggaan bagi diri sendiri dan negara, keduanya akan diganjar bonus uang tunai yang besar. Memang banyak negara yang mengimingi atletnya hadiah menggiurkan bila mereka dapat menggondol medali pada ajang Olimpiade Tokyo 2020. 

Khusus Indonesia, para atlet pemenang Olimpiade Tokyo akan mendapatkan bonus Olimpiade dengan besaran bervariasi tergantung medali yang didapat.

Khusus kepada pemenang medali emas, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memberi uang tunai Rp 5 miliar.

Sementara bonus atlet Olimpiade yang berhasil meraih medali perak akan diberikan uang tunai sebesar Rp 2 miliar dan medali perunggu sebesar Rp 1 miliar.

"Ukurannya meraih prestasi itu tak mudah. Perunggu atau perak saja sulit, apalagi emas. Jadi, bonusnya tak akan lepas dari nilai Rp 5 miliar itu, bahkan biasanya diberikan sebelum keringat atlet kering, enggak menunggu lama-lama," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti dikutip dari situ resmi Kemenpora.

Tak sebatas itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali juga mengungkapkan bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate akan memberikan bonus bagi para atlet peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Negara Lain

Selain Indonesia, beberapa negara juga memberikan hadiah bonus uang tunai kepada atlet pemenang medali emas. Melansir dari Firstpost, Indian Olympic Association (IOA) mengumumkan bahwa mereka akan memberikan uang tunai hingga INR 7,5 juta (Rp 1,4 miliar ) kepada atlet India peraih medali emas di Olimpiade Tokyo.

Sementara itu, IOA akan memberikan INR 4 juta (Rp 779 juta) untuk peraih medali perak dan INR 2,5 juta (Rp 486 juta) untuk peraih medali perunggu.

Selanjutnya, sejumlah kelompok penasihat merekomendasikan pemberian uang saku sebesar USD 50 (Rp 724 ribu) per hari untuk atlet India selama berada di Tokyo.

Tidak berhenti sampai di sana saja. Uang akan diberikan kepada anggota asosiasi olimpiade sebesar INR 1,5 juta (Rp 292 juta) sebagai kontribusi IOA untuk mengembangkan infrastruktur olahraga di negara bagian dan mendorong lahirnya atlet-atlet di masa mendatang.

Selain para atlet, IOC mengapresiasi pelatih yang berhasil membawa atletnya memenangkan medali pada Olimpiade Tokyo.

Simak daftar berikut berisi 12 negara yang memberi bonus ke atlet pemenang Olimpiade Tokyo 2020.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.