Sukses

5 Cara Peroleh Penghasilan Setelah Pensiun

Liputan6.com, Jakarta Hidup bisa mahal bagi mereka yang sudah pensiun. Jaminan sosial Anda mungkin tidak cukup, terutama mengingat tingkat inflasi yang sebenarnya. Kabar baiknya, era digital menawarkan banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan bahkan setelah Anda berhenti bekerja.

Berikut adalah lima cara mendapatkan penghasilan setelah pensiun dikutip dari laman Freemalaysiatoday.com, Minggu (24/7/2021).

1. Kerja paruh waktu

Pekerjaan paruh waktu adalah cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan dengan upah minimum. Jika Anda memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan, penghasilan Anda akan jauh lebih tinggi.

2. Memulai bisnis

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memulai bisnis Anda sendiri, memanfaatkan jaringan sosial Anda yang luas, kedewasaan, dan pengetahuan tentang produk atau industri tertentu dari pekerjaan seumur hidup.

Berhati-hatilah untuk tidak berinvestasi dalam usaha yang belum teruji, dan perlu diingat bahwa menjalankan bisnis dapat menghabiskan banyak waktu dan membuat stres.

3. Dapatkan hipotek terbalik

Hipotek terbalik adalah cara untuk mengakses ekuitas yang telah Anda bayarkan untuk hipotek Anda selama beberapa dekade. Intinya, bank setuju untuk membayar jumlah bulanan yang teratur selama Anda hidup, dan ketika Anda meninggal, bank itu mengambil alih properti Anda. Namun, ini mungkin tidak menarik bagi mereka yang ingin mewariskan properti mereka kepada anak cucunya.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Berbagi tumpangan

“Berbagi tumpangan” secara luas menggambarkan transaksi di mana orang membayar untuk menggunakan sesuatu yang Anda miliki atau layanan yang Anda berikan.

Jika Anda memiliki properti cadangan, pertimbangkan untuk menyewakannya. Atau jika Anda memiliki catatan mengemudi yang baik, akses ke kendaraan, dan manfaatkan waktu luang, sibuklah memberi tumpangan atau mengantarkan orang. Anda dapat bekerja sebanyak atau sesedikit yang Anda suka. Atau jika ada kamar kosong atau villa, Anda bisa menyewakannya kepada orang lain.

5. Mengajar secara online

Jika Anda berbicara bahasa dengan lancar, pertimbangkan untuk mengajar siswa asing secara online melalui Skype atau Zoom. Anda mungkin tidak akan kaya dengan melakukannya, tetapi Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan mengobrol dengan orang-orang di luar negeri yang ingin terlibat dalam lebih banyak percakapan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.
    Pensiun
  • Penghasilan