Sukses

6 Tips Hindari Kehabisan Uang di Masa Pensiun

Jika Anda khawatir kehabisan uang saat menjalani masa pensiun karena saat ini sulit untuk menabung, Anda tidak sendirian.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 telah merusak kehidupan finansial banyak orang. Pandemi juga mempengaruhi kemampuan mereka untuk menabung dan menyimpan uang untuk masa pensiun.

Jika Anda khawatir kehabisan uang saat menjalani masa pensiun karena saat ini sulit untuk menabung, Anda tidak sendirian.

Namun jangan terlalu lama menyimpan khawatiran tersebut, dikutip dari CNN Business, Rabu (21/7/2021), berikut 6 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kehabisan uang di masa pensiun:

1. Mulai rencanakan

Tidak ada kata terlambat untuk memulai perencanaan. Meskipun mungkin mustahil untuk mengetahui berapa lama Anda akan hidup atau seperti apa kesehatan Anda di masa depan, ada beberapa hal yang dapat Anda rencanakan untuk saat ini yang dapat mempersiapkan Anda dengan baik untuk masa pensiun.

Cari tahu berapa usia Anda berencana untuk pensiun, berapa banyak yang Anda tabung, berapa perkiraan pengeluaran Anda, berapa banyak pendapatan yang Anda perlukan untuk hidup dan berapa banyak yang sudah Anda tabung untuk pensiun.

Jika Anda berencana pensiun di usia pertengahan hingga akhir 60-an, Anda benar-benar harus merencanakan hidup dengan baik hingga usia 80-an dan 90-an terutama bagi Wanita.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Simpan uang sebanyak yang Anda bisa

Semakin cepat Anda mulai menabung, semakin banyak uang yang diperoleh. Di masa muda Anda, bahkan sejumlah kecil tabungan bisa sangat berguna. Semakin lama Anda menunggu, semakin banyak Anda harus menyisihkan untuk memenuhi tujuan Anda.

Sebagian besar ahli menyarankan untuk menabung antara 10 persen hingga 15 persen dari gaji kotor Anda, yang juga mencakup kontribusi apa pun yang mungkin Anda terima dari atasan Anda. Namun, tidak peduli tingkat pendapatan atau tabungan Anda, memiliki rencana keuangan yang realistis dapat membantu menjaga keamanan finansial Anda melalui semua tahap masa pensiun.

3. Investasikan uang yang Anda simpan

Menabung saja tidak cukup, jangan lupa untuk menginvestasikan uang yang Anda simpan. Bunga majemuk dapat menghasilkan keajaiban bagi uang Anda. Sama seperti menabung, semakin dini Anda mulai berinvestasi, semakin banyak uang Anda dapat tumbuh.

 

3 dari 3 halaman

4. Ciptakan kebiasaan baik

Membatasi pengeluaran juga dapat membantu meningkatkan tabungan Anda. Luangkan waktu untuk membuat anggaran dan patuhi itu. Pastikan bahwa Anda memiliki dana darurat yang disiapkan untuk keadaan tak terduga, seperti darurat medis atau kehilangan pekerjaan. Kebanyakan ahli menyarankan untuk menghemat setidaknya tiga sampai enam bulan biaya hidup.

Pengeluaran Anda di masa pensiun tidak akan banyak berubah dibandingkan dengan pengeluaran Anda selama tahun-tahun pra-pensiun Anda. Jadi ciptakanlah kebiasaan keuangan yang baik, seperti membuat anggaran, berinvestasi, dan menyimpan dana darurat, bisa sangat membantu setelah Anda akhirnya pensiun.

5. Hapus utang sebelum pensiun

Membawa sejumlah besar utang di masa pensiun dapat menggerogoti uang tunai Anda yang diperoleh dengan susah payah. Belum lagi, banyak jenis utang, seperti kartu kredit dan pinjaman online bisa datang dengan suku bunga tinggi.

Cobalah untuk mengurangi atau menghilangkan hutang sebelum Anda pensiun. Itu bisa membebaskan lebih banyak uang untuk ditabung. Setelah Anda melunasi pinjaman, Anda dapat mengalihkan pembayaran tersebut ke rekening pensiun Anda.

6. Jangan ambil terlalu banyak atau terlalu dini

Penarikan terlalu dini dari tabungan pensiun Anda dapat memiliki konsekuensi yang merusak. Anda mungkin dikenakan penalti penarikan awal atau Anda bahkan mungkin kehilangan manfaat pajak.

Ingat, uang di rekening pensiun Anda adalah untuk masa pensiun Anda. Jadi hindari godaan untuk menarik dana tersebut sebelum usia pensiun yang Anda harapkan. Hal yang sama berlaku untuk menarik terlalu banyak setelah Anda pensiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.