Sukses

Diresmikan Jokowi, Bendungan Sindangheula akan Airi 1.280 Ha Sawah

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten, Kamis 4 Maret 2021. Pembangunan Bendungan Sindangheula dikerjakan pada rentang waktu 2015 hingga 2019 oleh PT PP dan PT Hutama Karya (Persero), dengan total biaya sebesar Rp 458 miliar.

Jokowi mengatakan, Bendungan Sindangheula yang mulai dibangun pada 2015 siap difungsikan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Dengan kapasitas 9,3 juta m3, bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 ha sawah di Serang dan pada umumnya di Provinsi Banten. Sehingga kita harapkan bendungan ini memberikan nilai tambah bagi petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup agar semakin produktif dalam menjaga ketahanan pangan," kata Jokowi di Serang, Banten, Kamis (4/3/2021).

Manfaat kedua Bendungan Sindangheula juga untuk menyediakan air baku bagi daerah-daerah industri yang berkembang di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

"Bendungan ini mampu menyediakan air baku hingga 0,80 m3 per detik. Ini sudah mulai digunakan oleh Provinsi Banten sebesar 0,40 m3 per detik," sebut dia.

Manfaat ketiga Bendungan Sindangheula yakni untuk mereduksi banjir hingga 50 m3 per detik dari Sungai Ciujung dan Sungai Cidurian yang biasa meluap menggenangi Kabupaten Serang dan sekitarnya saat intensitas hujan tinggi.

"Keempat, bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik sebesar 0,40 MW sehingga dapat dimanfaatkan oleh Provinsi Banten," tutur Jokowi.

RI 1 juga menyatakan, bendungan ini memiliki potensi besar untuk destinasi wisata baru di Banten. "Saya minta pemerintah daerah dan masyarakat memanfaatkan serta menjaga bendungan ini untuk kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi Lain

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memaparkan, selain untuk memenuhi kebutuhan air baku, keberadaan Bendungan Sindangheula perlu dimanfaatkan sebagai destinasi pariwisata air di Banten.

"Saya kira nanti Bendungan Sindangheula akan menjadi area wisata karena dekat sekali dengan Kota Serang. Mudah-mudahan dengan adanya tol dari Serang ke Panimbang pasti akan lebih mudah dijangkau," ungkap Menteri Basuki.

Sementara Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko menyampaikan, Bendungan Sindangheula merupakan satu dari 18 bendungan yang telah selesai konstruksinya dan diresmikan pada periode 2015-2020.

"Untuk fungsi irigasinya sendiri sudah dimanfaatkan sejak 2020 lalu, dan berhasil menaikkan Indeks Pertanaman (IP) dari 120 persen ke 180 persen," terang Jarot.

Jarot juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Banten yang telah berinisiatif membangun instalasi pengolahan air baku (water treatment) yang bersumber dari Bendungan Sindangheula.

"Pemprov sudah membangun water treatment berkapasitas 400 liter per detik dan membangun intakenya di bendungan ini," tukas Jarot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.