Sukses

Banjir Surut, Jalan Tol Japek KM 19 arah Jakarta Kembali Normal

Sejumlah penanganan banjir di Jalan Tol Japek (Jakarta-Cikampek) telah dilakukan Jasa Marga sejak Sabtu, yaitu penempatan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi.

Liputan6.com, Jakarta Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 19 arah Jakarta sudah kembali normal. Banjir yang menggenangi jalan bebas hambatan tersebut telah surut. Tol Jakarta-Cikampek terdampak banjir imbas curah hujan tinggi di Jabodetabek.

Menurut pantauan Jasa Marga, hingga Minggu (21/2/2021) pukul 09.30 WIB, situasi dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 19 arah Jakarta sudah kembali normal. Genangan air di lokasi tersebut telah surut.

Sejumlah penanganan banjir telah dilakukan oleh Jasa Marga sejak Sabtu, yaitu penempatan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi. Kemudian penutupan sementara rest area KM 19 arah Cikampek, pembuatan tanggul sementara dan memfungsikan 5 unit pompa termasuk pompa Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

"Kemudian penambahan saluran samping untuk mengalirkan luapan air Kali Jambe Bekasi, pemasangan sandbag hingga pembersihan sampah banjir di Kali Jambe Bekasi," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Minggu (21/2/2021).

Saat ini, lanjut Heru, Jasa Marga tengah melakukan penanganan di Jalan Tol Jakarta-Tangerang. Terpantau di Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan dan masih dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan untuk dikeluarkan melalui GT Cikupa.

Pihaknya juga tengah melakukan penanganan dengan pompa kapasitas 500 liter/detik, namun permukaan air belum signifikan karena curah hujan di lokasi cukup tinggi dan limpasan air dari luar Right Of Way (ROW) jalan tol masih membebani sistem drainase dari SS Bitung.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini. Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor telepon 14080 dan Twitter @PTJASAMARGA khusus informasi lalu lintas," ujarnya.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Lajur Tol Jakarta-Cikampek Kawasan Tambun Masih Banjir, Lalin Padat

Hujan deras yang turun sejak Jumat hingga Sabtu 19-20 Februari 2021 membuat sejumlah ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terendam banjir. Hingga Minggu pagi, (21/2/2021), beberapa ruas Tol Japek arah Cawang masih tergenang.

PT Jasamarga melalui akun Twitternya @PTJASAMARGA melaporkan, pada pukul 08.04 WIB, genangan banjirmasih merendam tiga lajur Tol Jakarta-Cikampek arah Cawang, tepatnya di kawasan Tambun KM 19+400.

"08.04 WIB #Tol_Japek HATI-HATI di Tambun KM 19+400 arah Cawang, ada genangan air di bahu luar lajur 1-2-3/kiri-tengah. GUNAKAN LAJUR KANAN," cuit @PTJASAMARGA.

Genangan air juga berada di KM 21 Tol Jakarta-Cikampek arah Cawang atau setelah GT Tambun. Genangan berada di bahu jalan sebelah kiri. Akibatnya, lalu lintas di sekitar lokasi tersendat.

"08.03 WIB #Tol_Japek Cawang - Cikunir - Cikarang - Dawuan - Cikampek LANCAR. ; Tambun KM 19+400 arah Cawang PADAT, ada genangan air di bahu luar lajur 1-2-3/kiri-tengah. GUNAKAN LAJUR KANAN."

Genangan air juga terjadi di tempat istirahat atau rest area kawasan Tambun. PT Jasamarga pun menutup sementara kawasan tersebut.

"08.37 WIB #Tol_Japek Tempat Istirahat Tambun KM 19 arah Cikampek, DITUTUP SEMENTARA, ada genangan air. GUNAKAN Tempat Istirahat berikutnya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.