Sukses

Erick Thohir Terkejut dan Sedih Ada Patung Bersejarah Tersembunyi di Gedung Sarinah

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir meninjau perkembangan renovasi gedung perbelanjaan Sarinah. Dalam tinjauannya, Erick menengok relief dan patung bersejarah yang sudah lama tersimpan di dalam gedung.

Berdasarkan informasi yang didapat, patung dan relief ini warisan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Erick mengaku terkejut dan sedih atas penemuan patung bersejarah tersebut. Sebab, selain memiliki nilai seni, patung tersebut juga menjadi saksi sejarah, namun perawatannya tidak maksimal.

"Bangsa besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya dan bangsa besar adalah bangsa yang cinta karya seninya. Saya terharu, dalam arti, saya pecinta seni, ketika melihat kondisi seni budaya yang kita punya, tidak terawat," ujar Erick dalam keterangan video, Jumat (15/1/2021).

Oleh karena itu, dirinya meminta agar Sarinah dan WIKA selaku kontraktor yang merenovasi Sarinah untuk melakukan perbaikan terhadap patung dan relief tersebut.

Pasalnya, nanti patung dan relief ini juga bakal dijadikan ikon baru Sarinah yang baru. Dirinya juga berharap, Sarinah bisa kembali diresmikan pada bulan November.

"Mudah-mudahan dapat diresmikan saat hari pahlawan, bulan November, untuk kita ingat pahlawan ini banyak dari seniman, tidak hanya pahlawan yang kita kenal tapi juga seniman terdahulu," katanya.

"Saya titip dijaga karena ini sayang sekali ya. Terus terang saya sedih," tandas Erick Thohir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun berbagai sumber, relief dan patung ini berlokasinya di belakang gerai restoran cepat saji McDonald's, tepatnya berada di ruang mekanikal dan elektrikal gedung perkantoran tersebut.

Relief itu menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia sebelum kemerdekaan. Penggambaran mereka tanpa alas kaki, berkebaya, bahu terbuka, dan bercaping. Terlihat sejumlah petani sedang membawa hasil panen. Pada bagian lain, ada nelayan dan pedagang.

 

2 dari 3 halaman

Viral, Penemuan Patung Peninggalan Soekarno Tersembunyi di Gedung Sarinah

Pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, Sarinah sedang direnovasi dan direvitalisasi. Perbaikan ruang komersial ini ditargetkan akan selesai 17 Agustus 2021 mendatang.

Saking bersejarahnya banguan ini, dalam pemugaran Sarinah, ditemukan peninggalan bersejarah berupa relief dan patung. Berdasarkan informasinya, patung dan relief ini warisan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Tak banyak orang tahu mengenai keberadaan patung ini. Jelas, karena patung ini tersembunyi di dalam struktur bangunan.

Penemuan bersejarah ini diungkapkan salah satu akun Instagram @liayuslan.

"Ada kejutan di project ini dgn ditemukan sebuah patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno setinggi 3 x 12 m (foto di slide 3, patung feat me 🤭), yg selama ini disembunyikan didalam struktur bangunan, dan baru diketahui keberadaanya ketika bangunan di bongkar 😱," tulis dia dalam captionnya, seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (8/1/2021).

Berdasarkan informasi yang dihimpun berbagai sumber, relief dan patung ini berlokasinya di belakang gerai restoran cepat saji McD. Tepatnya berada di ruang mekanikal dan elektrikal gedung perkantoran tersebut.

Relief itu menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia sebelum kemerdekaan. Penggambaran mereka tanpa alas kaki, berkebaya, bahu terbuka, dan bercaping. Terlihat sejumlah petani sedang membawa hasil panen. Pada bagian lain ,ada nelayan dan pedagang.

Dalam rancangan pengembangan Sarinah, relief dan patung ini akan dibongkar dan dipindahkan untuk di pajang di halaman utama Gedung Sarinah, serta dilengkapi dengan narasi mengenai cerita dari relief dan patung tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: