Sukses

Langkah Cepat Kota Pontianak Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, Pemerintah Kota Pontianak melakukan langkah-langkah dalam pemulihan ekonomi guna penanganan pandemi Covid-19 serta percepatan pelaksanaan program pembangunan. Hal itu sebagaimana yang ditekankan Presiden Joko Widodo pada penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2021 melalui video conference, Rabu (25/11/2020).

"Tentunya ini menjadi catatan kita untuk kesiapan OPD dalam mempersiapkan perencanaan," kata Edi Rusdi Kamtono dalam keterangan resmi Rabu (25/11/2020).

Menurut dia, perencanaan pemulihan ekonomi Kota Pontianak diperlukan lantaran pada 2021 belum ada kepastian pandemi Covid-19 akan berakhir meskipun vaksin sudah mulai dicanangkan. Kendati demikian, untuk program-program yang sudah siap perencanaannya, misalnya di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta OPD lainnya, akan diproses secepat mungkin pada bulan Desember tahun ini.

"Yaitu dengan melengkapi persyaratan administrasi terlebih dahulu," kata dia.

Untuk proses yang dilalui menggunakan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah (SIMAKDA) dan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Untuk itu perlu dimatangkan pelaksanaan lelangnya, termasuk perangkat organisasinya.

"Kalau perencanaan belum ada, jadi harus lelang terlebih dahulu perencanaannya baru kemudian fisiknya," kata Edi Rusdi Kamtono.

Dia bilang, apabila perencanaan sudah selesai maka proses lelang fisik juga lebih cepat. Proses lelang fisik semestinya tidak ada hambatan teknis, hanya tinggal kesiapan dalam kelengkapannya.

"Yang agak sulit ini simultan karena perencanaan harus dilelang dulu baru fisik," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. 

2 dari 3 halaman

Pandemi Covid-19 Jadi Momen Pontianak Berubah ke Kota Hijau

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, bersama Komandan Kodim (Dandim) 1207/Berdiri Sendiri (BS), Kolonel Infanteri Jajang Kurniawan, menanam pohon bersama di pekarangan Komplek Asrama Hidayat, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kamis (5/11/2020).

Edi menyebut, Pemerintah Kota Pontianak menyerahkan sebanyak 200 bibit pohon buah, dengan berbagai macam jenis untuk ditanam di Komplek Asrama Hidayat. Bantuan bibit pohon buah, seperti lengkeng, jambu, dan lainnya ini merupakan bentuk komitmen Kota Pontianak sebagai kota berwawasan lingkungan sekaligus mewujudkan kota hijau atau go green.

Komplek Asrama Hidayat yang baru selesai pembangunannya masih memiliki lahan kosong sehingga pihaknya menginisiasi untuk menanam pohon buah di pekarangan tersebut.

"Pekarangan ini harus dimanfaatkan, sekecil apapun lahan, saya yakin bisa ditanami dan bermanfaat, apalagi menghasilkan buah-buahan," katanya.

Ia berharap keberadaan pohon ini selain menghijaukan dan mengasrikan lingkungan, juga bermanfaat karena buah-buahan yang dihasilkannya. Pihaknya juga akan terus mencari lahan-lahan kosong untuk ditanami pepohonan. Untuk menghijaukan Kota Pontianak, dirinya berharap adanya sinergitas dan kerjasama berbagai pihak.

"Pohon ini fungsinya untuk penyedia oksigen, peneduh, akarnya untuk menyerap air dan buah-buahannya bisa dikonsumsi," katanya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, buah-buahan menjadi salah satu yang bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi buah-buahan, maka kebutuhan akan vitamin terpenuhi. Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat agar menanam buah-buahan di pekarangan masing-masing.

"Karakteristik tanah di Pontianak ini cocok untuk ditanami beberapa jenis buah-buahan seperti jambu, lengkeng, mangga dan sebagainya," kata Edi.

Komandan Kodim (Dandim) 1207/Berdiri Sendiri (BS) Kolonel Infanteri Jajang Kurniawan mengucap rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota Pontianak yang telah menginisiasi penanaman pohon di Komplek Asrama Hidayat.

"Memang di lingkungan ini masih ada space untuk ditanami pohon dan ini cukup bagus selain sebagai peneduh juga untuk mengurangi polusi," kata Kolonel Infanteri Jajang Kurniawan.

Dia berjanji akan selalu mendukung program-program Pemkot Pontianak termasuk mewujudkan Pontianak Go Green. Hal ini menurutnya sangat penting untuk mengurangi polusi dan keberlangsungan kehidupan anak cucu di masa depan dan berbagai manfaat lainnya.

Dengan penanaman pohon buah-buahan ini dinilainya sebagai langkah yang tepat dalam kondisi sekarang ini. Sebab buah-buahan merupakan satu di antaranya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Ia berharap melalui penanaman pohon ini bisa bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan generasi mendatang.

"Sehingga dari pekarangan kita sendiri kita bisa memetik hasil buah dari pohon yang ditanam," kata Kolonel Infanteri Jajang Kurniawan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: