Sukses

Sekitar 700 Investor Luar Negeri Ikuti West Java Investment Summit 2020

Pelaksanaan WJIS 2020 sendiri akan dilakukan secara virtual selama 4 hari, mulai dari tanggal 16 - 19 November 2020.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 696 investor dari sejumlah negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Prancis, Singapura, Malaysia, dan Finlandia akan mengikuti West Java Investment Summit (WJIS) 2020.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Noneng Komara Nengsih, jumlah tersebut berpotensi bertambah seiring dengan promosi yang terus dilakukan.

"Ada 696 perusahaan dan investor yang siap mengikuti market sounding dan one on one meeting dengan owner project dalam WJIS 2020," kata Noneng dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Kamis (12/11/2020).

Pelaksanaan WJIS 2020 sendiri akan dilakukan secara virtual selama 4 hari, mulai dari tanggal 16 - 19 November 2020.

Acara dibagi menjadi delapan kegiatan utama yakni Launching Rebana Metropolitan, Project Announcement, High Level Session, One-on-One Meeting, Investment Talkshow, Trade and Tourism Webinar, Groundbreaking Subang Smartpolitan, dan Site Visit.

Terdapat 27 proyek dengan nilai investasi sebesar Rp32 triliun yang siap ditawarkan dalam WJIS 2020.

Noneng berharap, WJIS 2020 dapat menjaring minat investor untuk berinvestasi di Jabar, khususnya di kawasan Rebana Metropolitan.

"WJIS tahun ini pun fokus pada sektor perdagangan dan pariwisata. Dua sektor tersebut dapat menjadi pemicu tercepat pertumbuhan ekonomi Jabar," kata Noneng.

Noneng menjelaskan pada kuartal II-2020 dan kuartal -2020, perekonomian Jabar terkontraksi cukup dalam. Dengan adanya WJIS ini, Noneng berharap pemulihan ekonomi dapat terakselerasi mengingat investasi merupakan salah satu mesin yang dapat memicu pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) Salahudin Rafi menyebutkan, dalam WJIS 2020 para investor berminat untuk menanamkan modal di BIJB Kertajati dan Aerocity.

BIJB Kertajati dan Aerocity merupakan penyangga logistik bagi industri-industri yang berada di kawasan Rebana Metropolitan.

"Dalam WJIS kali ini, kami menunjuk PT Jaswita untuk kerja sama dengan BIJB dan bank bjb membangun hotel bintang tiga, lima, dan mice di kawasan integrated building bandara. Ini diperlukan untuk menunjang keberangkatan haji dan umrah," ucap Salahudin.

Sedangkan perwakilan PT Suryacipta Swadaya yang merupakan owner project Subang Smartpolitan, Grace, mengatakan bahwa WJIS 2020 dapat menjadi pintu masuk bagi investor untuk berinvestasi di Jabar.

Grace mengucapkan terima kasih kepada Pemda (Pemerintah Daerah) Provinsi Jabar atas dukungan kepada sektor swasta. Sehingga kelompoknya dapat mengembangkan kawasan industri yang tengah dikelolanya.

"Meski dalam situasi pandemi COVID-19, kami tetap mendukung investasi, dan berharap dengan adanya kota baru ini, Subang Smartpolitan, investor akan datang dan berinvestasi di lokasi kami dan Jabar," tutur Grace.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri 7 Kepala Daerah

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar menggelar West Java Investment Summit (WJIS) 2020 secara virtual selama empat hari. Pada hari pertama dan kedua, WJIS diselenggarakan di Savoy Homann, Kota Bandung.

Dalam WJIS hari pertama dan kedua, akan ada keynote speech dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Bank Indonesia, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ridwan Kamil akan menyerahkan izin investasi secara simbolis dengan tujuh kepala daerah yang berada di kawasan investasi Rebana Metropolitan.

Adapun ketujuh kepala daerah tersebut meliputi Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, dan Kota Cirebon.

Selain itu, pada hari pertama dan kedua WJIS, akan ada Launching Rebana Metropolitan, Project Announcement, High Level Session, One-on-One Meeting, Investment Talkshow, dan Trade and Tourism Webinar.

Pelaksanaan WJIS hari ketiga atau pada Rabu (18/11/20) akan dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Subang Smartpolitan.

Sehari selanjutnya, akan diadakan site visit ke kawasan investasi Rebana Metropolitan. Hari keempat atau pada Kamis (19/10/20), site visit ke Rebana, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Aerocity Subang. Yang nanti ada groundbreaking pembangunan hotel di bandara. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.