Sukses

Penyaluran Kredit KSP Sahabat Mitra Sejati Capai Rp 1,60 Triliun

Komitmen KSP Sahabat Mitra Sejati dalam memberikan kredit ke UMKM mendapat dukungan penuh dari Bank Sahabat Sampoerna.

Liputan6.com, Jakarta - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati menegaskan komitmen untuk terus mendukung pengembangan dan pemberdayaan UMKM di Indonesia. Dukungan untuk membantu UMKM tersebut dilakukan dalam berbagai bentuk, antara lain komitmen penyaluran kredit dan fleksibilitas pemenuhan kewajiban terhadap pinjaman sesuai dengan kondisi riil.

Komitmen KSP Sahabat Mitra Sejati tersebut mendapat dukungan penuh dari Bank Sahabat Sampoerna sebagai salah satu mitra strategis yang selama ini mendukung KSP Sahabat Mitra Sejati dalam menyalurkan pendanaan kepada anggota.

Ketua I KSP Sahabat Mitra Sejati Ceppy Y Mulyana menjelaskan, pihaknya bersyukur, berkat dukungan penuh dari Bank Sahabat Sampoerna dan mitra strategis lainnya, KSP Sahabat Mitra Sejati tetap dapat menyalurkan pinjaman kepada anggota dan mitra koperasi. Hingga Juni 2020, penyaluran kredit kepada anggota mencapai Rp 1,60 triliun.

“Sebagai sahabat UMKM, kunjungan ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian, terutama untuk terus menjaga tali silahturahmi agar kami dapat mengetahui perkembangan usaha para mitra dan anggota dari waktu ke waktu. Setiap tantangan dan permasalahan yang muncul dapat didiskusikan bersama untuk mendapatkan solusi,” ujar dia.

Sementara itu Direktur Bisnis Mikro Bank Sahabat Sampoerna Rudy Mahasin menegaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19, Bank Sampoerna juga tetap berkomitmen membantu segenap mitra usaha dan UMKM untuk dapat melewati tantangan dan terus bertumbuh.

Sebagai bank yang tumbuh bersama UMKM, Bank Sampoerna terus meningkatkan komunikasi yang intens dalam rangka memastikan kondisi riil operasional semua mitra. Komitmen terhadap pembiayaan tetap dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dan proyeksi kerja sama jangka panjang.

Pada kuartal III 2020, Bank Sahabat Sampoerna mencatat pertumbuhan kredit sebesar Rp 8,42 triliun atau tumbuh 8  persen dibandingkan yang dicatat pada satu tahun sebelumnya. Sekitar 60 persen portofolio kredit disalurkan untuk membantu pembiayaan sektor UMKM.

Melalui kinerja yang penuh tantangan, Bank Sahabat Sampoerna membukukan laba sebesar Rp 39 miliar hingga kuartal III 2020, tumbuh signifikan dibandingkan laba periode yang sama tahun sebelumnya, yang tercatat di angka Rp 2,5 miliar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Testimoni Nasabah

Ibu Theresia, anggota KSP Sahabat Mitra Sejati cabang Pringsewu, Lampung yang memiliki usaha pembuatan genteng mengaku sudah menjadi anggota KSP Sahabat Mitra Sejati sejak tahun 2017. Omzet usahanya saat telah tumbuh berlipat. Pertumbuhan usahanya tersebut didukung oleh dukungan pembiayaan yang diperoleh sebagai anggota KSP Sahabat Mitra Sejati.

“Kami mendapat manfaat pertumbuhan usaha yang signifikan sejak menjadi anggota KSP Sahabat Mitra Sejati. Layanan yang diberikan KSP Sahabat Mitra Sejati sesuai dengan kebutuhan yang kami inginkan,” tegasnya.

Lain halnya dengan Bapak Kariman, anggota KSP Sahabat Mitra Sejati di Cikupa, Tangerang, mengatakan, pihaknnya memulai usaha pembuatan barang dari plastik ini sejak 2015. Di tengah pandemi saat ini, KSP Sahabat Mitra Sejati tetap menunjukkan komitmennya menyalurkan pembiayaan sehingga pihaknya tetap dapat mempertahankan kinerja operasional usahanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.