Sukses

Jangan Lupa Jaga Kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja Anda, Ini Alasannya

Kartu Prakerja menjadi program andalan pemerintah untuk meningkatkan daya saing angkatan kerja Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kartu Prakerja menjadi program andalan pemerintah untuk meningkatkan daya saing angkatan kerja Indonesia melalui beragam pelatihan dan pemberian insentif. Dalam pelaksanaannya, penerima kartu ini harus benar-benar menjaga akun mereka.

Alasannya, akun penerima bisa sangat mudah disalahgunakan oknum tidak bertanggung jawab yang ingin mendapatkan benefit Kartu Prakerja tanpa mendaftar.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyatakan, nomor kartu Prakerja yang dimiliki para penerima harus dirahasiakan.

"Nomor Kartu Prakerja yang 16 digit itu sama fungsinya dengan nomor kartu kredit," ujar Louisa kepada Liputan6.com, Jumat (25/9/2020).

Sebagaimana diketahui, penggunaan kartu kredit dilakukan dengan menginput nama pemilik kartu kredit, nomor kartu kredit, expiry date serta Card Verification Value (CVV) dan PIN yang sudah diset sebelumnya. Jika nomor-nomor ini tersebar luas, sudah pasti pemilik kartu kredit akan dirugikan karena tagihannya yang membengkak padahal bukan dia yang menggunakan.

Sama seperti kartu kredit, nomor Kartu Prakerja juga bisa disalahgunakan jika ada oknum yang ingin mengikuti pelatihan di Prakerja. Alhasil, pemiliknya sendiri tidak bisa berlatih karena saldonya hilang.

Oleh karenanya, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja selalu mengingatkan agar peserta yang diterima program Prakerja untuk selalu menjaga nomor kartu mereka. Apalagi, kepemilikan kartu ini tidak berbentuk fisik melainkan hanya ditandai nomor saja.

"Bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Karena itu, Sobat akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan. Jangan lupa, jaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja milik Sobat, ya!" demikian dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awas Hangus, Simak Panduan Penggunaan Saldo Pelatihan Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program peningkatan kompetensi kerja yang diberikan dalam bentuk pembiayaan pelatihan dan insentif pasca pelatihan.

Banyak masyarakat Indonesia yang antusias terhadap Kartu Prakerja ini, sehingga kini pendaftaran Kartu Prakerja sudah sampai di gelombang ke 9.

Anda yang sudah mendaftarkan diri dan mendapatkan SMS penerimaan Kartu Prakerja hingga Gelombang 9 segera gunakan saldo yang ada pada Kartu Prakerja Anda.

Bagi Anda yang masih kebingungan bagaimana cara menggunakannya. Mengutip dari laman instagram @prakerja.go.id, Jumat (25/9/2020) berikut panduan menggunakan saldo bantuan Kartu Prakerja

1.     Masuk ke situs mitra platform digital resmi Kartu Prakerja

2.     Pilih pelatihan dan lakukan pembelian

3.     Pilih metode pembayaran Kartu Prakerja dan pastikan saldo kamu cukup

4.     Masukkan nomor akun Kartu Prakerja kamu (bersifat rahasia)

5.     Masukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS ke ponsel kamu

6.     Transaksi berhasil dan kamu bisa memulai pelatihan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja