Sukses

Dukung Pembayaran Nontunai, BNI dan Jenius Hadirkan Layanan Top Up TapCash

Pengguna BNI TapCash Edisi Jenius dapat turut mendukung gerakan pembayaran non-tunai dengan menggunakannya dalam setiap aktivitas harian.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menggandeng platform Jenius yang dikelola Bank BTPN untuk menghadirkan layanan top up BNI TapCash melalui aplikasi Jenius. Layanan ini dapat dipakai melalui perangkat smartphone Android yang dilengkapi fitur Near-Field Communication (NFC).

Selain itu, dalam kolaborasi ini juga memperkenalkan Kartu BNI TapCash edisi Jenius dengan desain dan karakter unik khas Jenius.

Digital Banking Head Bank BTPN Irwan S Tisnabudi menyatakan, kolaborasi dengan berbagai pihak dibutuhkan untuk menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan. Menurut dia, kolaborasi Jenius dan BNI TapCash bakal membantu pengguna lebih mudah bertransaksi secara non-tunai dengan uang elektronik.

"Kolaborasi ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan pembayaran non-tunai (cashless) yang tengah digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia. Terlebih di masa saat ini, peran pembayaran digital maupun non-tunai sangat penting dalam upaya meminimalisir kontak fisik saat bertransaksi," kata Irwan dalam sesi teleconference, Kamis (24/9/2020).

Irwan memandang, terdapat perubahan perilaku finansial pada masyarakat digital savvy selama pandemi Covid-19. Dari penemuannya, didapatkan bahwa pengguna lebih sering menabung di saat pandemi, memanfaatkan transaksi digital, dan mulai beralih ke metode pembayaran non-tunai

Sementara Pemimpin Divisi E-Banking BNI Sri Indira berharap, kolaborasi ini akan semakin melengkapi pelayanan yang diterima oleh masyarakat, baik pengguna BNI TapCash, pengguna Jenius, maupun yang belum menggunakan keduanya.

"Kolaborasi ini akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi dan tuntutan konsumen ke depan, dan diharapkan dapat terus meningkatkan jumlah pengguna TapCash yang per Agustus 2020 telah meningkat hingga 23 persen dibandingkan Agustus tahun lalu," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Top Up

Dijelaskan Sri Indira, pengguna BNI TapCash Edisi Jenius dapat turut mendukung gerakan pembayaran non-tunai dengan menggunakannya dalam setiap aktivitas harian. Seperti pembayaran transportasi umum Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, kapal penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop dan mini market.

Selain itu, ia menyampaikan, pengguna dapat melakukan top up kartu BNI TapCash melalui fitur e-Wallet Center pada aplikasi Jenius. Langkah pertama yakni dengan login pada aplikasi Jenius lalu pilih e-Wallet Center, dilanjutkan dengan Top Up dengan memilih TapCash.

"Pengguna perlu mengaktifkan NFC sebelum menempelkan kartu BNI TapCash di smartphone (sesuai dengan lokasi NFC). Kemudian pilih Top Up dengan memasukkan atau menentukan jumlah uang, pilih Lanjut, lalu pilih Top Up, setelah itu saldo BNI TapCash berhasil bertambah. Pengguna dapat melakukan top up mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 1.500.000," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.