Sukses

9 Tahun Berjuang, Lionel Messi Menang Gugatan Merek Dagang Nama Belakangnya

Kasus ini bermula saat Lionel Messi pertama kali mengajukan merek dagang memakai nama belakangnya untuk produk pakaian olahraga pada tahun 2011.

Liputan6.com, Jakarta Pesepak bola Lionel Messi mungkin sedang senang. Usai 9 tahun berjuang, kini dia dapat mendaftarkan nama belakangnya sebagai merek dagang.

Sebelummya dia harus melewati pergulatan hukum selama 9 tahun lamanya. Perjuangan Messi tak sia-sia, usai Pengadilan Tinggi Uni Eropa memutuskan untuk menolak banding dari perusahaan sepeda Spanyol Massi dan kantor kekayaan intelektual Uni Eropa, EUIPO.

Melansir laman BBC, Jumat (18/9/2020), kasus ini bermula saat Messi, pertama kali mengajukan merek dagang memakai nama belakangnya untuk produk pakaian olahraga pada tahun 2011.

Namun, perusahaan Massi kemudian keberatan dan menilai kemiripan logo mereka akan menimbulkan kebingungan.

Pengadilan Eropa (European Court of Justice/ECJ) mengatakan bahwa reputasi pemain terkenal dunia tersebut dapat diperhitungkan ketika menimbang apakah publik dapat membedakan kedua merek tersebut.

Dengan dalih itu, jadi menguatkan keputusan Pengadilan Umum Uni Eropa pada 2018 bahwa pesepak bola itu terlalu terkenal, sehingga kesamaan nama merek keduanya bisa menimbulkan kebingungan.

Massi, yang menjual pakaian dan perlengkapan sepeda, sukses menang dalam tuntutan awal. Namun, Massi kalah ketika Lionel Messi mengajukan banding ke Pengadilan Umum, dan memenangkannya.

Sebagai informasi, Lionel Messi (33 tahun) yang memakai nomor punggung 10, telah dinobatkan sebagai pemain sepak bola dunia tahun ini dengan rekor enam kali dan merupakan pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia, menurut Forbes. Adapun total penghasilannya pada tahun 2020 mencapai USD 126 juta (£ 97 juta).

Pada bulan Agustus, Lionel Messi kembali diperbincangkan dan menjadi topik utama lantaran mengirim pesan ke klubnya dan menyatakan niat untuk pergi.

Tetapi ketika Barcelona menanggapi dengan bersikeras bahwa tim mana pun yang membawanya harus menghormati klausul pelepasan € 700 juta (£ 624 juta), dia berubah pikiran, mengatakan tidak ingin bersiteru dengan klub yang dicintainya di pengadilan.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lionel Messi Kalahkan Ronaldo Sebagai Pemain Terkaya Tahun Ini

Pemain Barcelona, Lionel Messi menempati posisi teratas daftar pesepak bola terkaya di dunia. Messi mengalahkan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, dan mantan rekan satu timnya, Neymar.

Menurut data terbaru yang dirilis Forbes seperti dilansir dari Metro.co.uk, tahun ini pemain asal Argentina itu meraup keuntungan sebesar 126 juta USD atau setara dengan Rp1,8 Triliun. Angka ini berasal gaji per tahun sebesar sebesar 92 juta USD dan sponsorship sebesar 34 juta USD.  

Ronaldo berada di belakang Messi. Eks pemain Real Madrid yang memiliki jumlah pengikut terbanyak di media sosial menempati posisi kedua dengan total kekayaan tahun ini mencapai 117 juta USD.

Pada posisi ketiga, menyusul Neymar. Pemain Paris Saint Germain (PSG) yang sebelumnya sempat satu tim dengan Messi di Barcelona tersebut mencatatkan pendapatan sebesar 96 juta USD. 

Sementara itu, pemain-pemain yang berlaga di Liga Inggris juga tercatat masuk dalam daftar 10 besar pemain terkaya di dunia. Salah satunya adalah ujung tombak Liverpool, Mohamed Salah dengan pendapatan tahun ini mencapai 37 juta USD. Selain itu, masih ada gelandang Manchester United (MU), Paul Pogba yang mencatatkan pendapatan sebesar 34 juta USD disusul penjaga gawang sekaligus rekan setim Pogba, David de Gea yang tahun ini mencatatkan pendapatan sebesar 27 juta USD. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.