Sukses

Gandeng Citi, BNP Paribas Luncurkan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda meliputi rangkaian pelatihan yang dilakukan secara daring.

Liputan6.com, Jakarta - PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) bagian dari BNP Paribas Group bersama dengan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan.

Program ini meliputi rangkaian pelatihan yang dilakukan secara daring bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia.

Program pengembangan komunitas ini merupakan inisiatif yang disusun bersama dengan lembaga terpilih, Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) dan sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Dalam peluncuran yang dilakukan melalui kegiatan webinar tersebut, sebanyak 60 (enam puluh) pengusaha muda perempuan berpartisipasi dan mendapatkan pengenalan produk perbankan dan investasi, perencanaan pengelolaan keuangan serta wadah manajemen keuangan secara digital.

“Di masa yang sulit seperti ini, kesejahteraan ekonomi menjadi hal yang krusial, dan kami ingin mendorong perempuan untuk lebih produktif dan mengoptimalkan kemampuan serta sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga," kata Direktur PT. BNP Paribas AM Maya Kamdani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Program ini merupakah salah bentuk bentuk nyata dari penyaluran dana sosial yang dilakukan PT. BNP Paribas AM melalui salah satu Reksa Dana yang dikelolanya, Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi (BNP Paribas IDX30 Filantropi) yang bertemakan Socially Responsible Investment (SRI).

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, terutama di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini juga bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produk bertema SRI dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian dalam jangka panjang," jelas dia.

Dengan Program tersebut, PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia bermaksud untuk berpartipasi dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausaha para perempuan muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi para perempuan muda Indonesia tersebut untuk dapat tetap bertahan dan memenuhi kebutuhan keluarga meski di tengah masa pandemi.

Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKI Jakarta. Bersama dengan PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 bulan. Peserta yang terpilih berkesempatan untuk meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Pelatihan

PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

“Kita harus dapat melihat bahwa dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadi salah satu dari upaya Citi Indonesia yang terintegrasi untuk memberikan dampak yang positif dan berarti bagi komunitas di lingkungan sekitar dimana kami beroperasi," ungkap Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia Puni A. Anjungsari.

Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250.000.000 telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Komitmen ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran yang signifikan sebagaimana hasil temuan UNFPA dan UN Women (2020) bahwa 64 persen dari total pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan.

Sejak diluncurkan secara eksklusif bersama PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia, ini merupakan penyaluran dana sosial ketiga dari BNP Paribas IDX30 Filantropi. Sebelumnya pada Mei 2020, dana sosial telah tersalurkan melalui Palang Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia untuk bantuan darurat Pandemi COVID-19 di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.