Sukses

2 Hari Berlangsung, Pertamina SMEXPO 2020 Gaet 20 Ribu Pengunjung dari 28 Negara

Pertamina SMEXPO 2020 merupakan even penting bagi pelaku UMKM saling berbagi pengalaman dan sekaligus mempromosikan produk.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina SMEXPO 2020 telah dikunjungi 20.121 tamu secara kumulatif pada dua hari penyelenggaraan. Pengunjung ini dari 28 negara.

“Lebih 50 persen pengunjung dari luar negeri berasal dari USA, disusul kemudian dari Singapura, Malaysia, Australia, Belanda, Saudi Arabia, Taiwan, Jepang dan lainnya. Jadi memang lengkap hampir dari seluruh benua yang datang mengunjungi Pertamina SMEXPO 2020,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, di Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Menurut Fajriyah, besarnya minat para konsumen dan juga kolektor dari mancanegara, diharapkan akan memperluas pasar UMKM Indonesia agar semakin dikenal di pasar global.

“Produk UMKM Indonesia memiliki keunikan, ragam etnik dan berkualitas dunia, sehingga bisa bersaing dengan produk dari negara lain. Banyak calon pembeli yang tertarik dengan keunggulan produk-produk kita,” katanya.

Lanjutnya, Pertamina SMEXPO 2020 merupakan event penting bagi pelaku UMKM saling berbagi pengalaman dan sekaligus mempromosikan produk unggulannya agar memiliki pasar luas di mancanegara.

Di mana Pertamina terus mendorong pelaku UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan pandemi Covid-19, bahkan bisa lebih maju lagi dengan memanfaatkan teknologi digital yang sedang trend.

Demikian ia menegaskan, Pertamina mengajak pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan dan kapasitas bisnisnya untuk menjadi mitra binaan Pertamina.

Silakan klik www.pertamina.com/id/program-kemitraan dan ikuti prosedurnya. Banyak peluang yang bisa didapatkan menjadi mitra binaan, sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi pelaku UMKM yang tangguh dan mandiri.

Pertamina SMEXPO 2020 memberikan harapan besar akan kebangkitan UMKM di tengah pandemi Covid-19. Ke depan pameran virtual bisa jadi akan menjadi sebuah trend baru dalam mengembangkan bisnis UMKM agar bisa menembus pasar global,” pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertamina Targetkan Transaksi Rp 7,5 Miliar dalam Pameran UMKM Smexpo 2020

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menggelar Smexpo 2020 secara virtual pada 9 hingga 11 September 2020. Gelaran pameran UMKM secara virtual ini akan yang menghadirkan 1.226 pengusaha. Diharapkan acara ini mampu meraup transaksi penjualan Rp 7,5 miliar.

"Ada 1.226 jenis produk yang akan dipasarkan di Smexpo. Kita harapkan target penjualan minimal Rp7,5 miliar," ujar Sekretaris Perusahaan Pertamina Tajudin Noor dalam konferensi pers online, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

 

Tajudin membeberkan, beberapa produk dalam negeri nantinya akan diperjualbelikan dalam pameran online terbesar tersebut. Di antaranya adalah pakaian atau fashion, herbal, vitamin dan kerajinan dari berbagai daerah.

"Kita harapkan penjualan malah bisa lebih dari Rp 7,5 miliar. Dari 1.226 jenis tadi, produk-produk dari fashion, herbal, vitamin, juga ada kerajinan-kerajinan, sperti batik, ada makanan, baik dalam kemasan, makanan kecil dan lain2, kemudian juga ada furniture, hasil bumi, agribisnis. Kita sertakan UMKM yang menghasilkan hasil bumi," jelasnya.

Sejauh ini, kata Tajudin, Pertamina membina sebanyak 202 mitra. Mitra tersebut sudah mulai diedukasi agar bisa memasarkan produknya secara online sehingga dapat menjangkau pelanggan hingga ke berbagai daerah maupun luar negeri.

"Jadi saat ini ada 202 mitra binaan. dengan PADI ada 202 mitra binaan yang sudah kita kurasi dan kita anggap eligible masuk ke PADI. Salah satu platform marketing yang dibuat kementerian BUMN, khusus UMKM, mitra BUMN untuk bisa menjadi mitra bisnis di BUMN," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.