Sukses

Raih Pinjaman, Pertamina Trans Kontinental Perkuat Armada Kapal

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) mendapat pinjaman dari PT Bank Mandiri Syariah (BSM), untuk membiayai penambahan armada kapal.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) mendapat pinjaman dari PT Bank Mandiri Syariah (BSM), untuk membiayai penambahan armada kapal.

Direktur Utama Pertamina Trans Kontinental, Nepos MT Pakpahan mengatakan, kerjasama memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, dimana PTK mendapatkan dana untuk pembiayaan kapal-kapalnya dan pihak BSM dapat menyalurkan kredit dengan bunga yang kompetitif.

Pendanaan dari Bank Mandiri Syariah ini untuk mendukung program investasi PTK pembiayaan 11 unit Kapal Harbour Tug 3200 HP, dengan masa waktu selama 5 Tahun 6 Bulan.

"Saya berharap, kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala sehingga tidak saja memberikan keuntungan bagi PTK dan BSM tetapi juga turut membantu Pemerintah dalam menggairahkan ekonomi, khususnya industri galangan kapal yang saat ini kondisinya kurang mengembirakan akibat dari dampak pendemi Covid-19 yang masih dihadapi seluruh dunia," kata Nepos, di Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Nepos mengungkapkan, dengan visi menjadi perusahaan jasa maritim yang terintegrasi dengan skala global pada tahun 2026, PTK akan terus mengembangkan bisnisnya dan terus melakukan terobosan dengan mencari peluang-peluang bisnis, baik di lingkungan Pertamina Grup maupun di luar Pertamina, khususnya untuk memenuhi kebutuhan kapal-kapal yang diperlukan oleh para pelanggan.

"PTK juga turut mengemban tugas mulia Pertamina untuk menyalurkan kebutuhan energi bagi seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Armada Kapal

Nepos mengungkapkan, saat ini jumlah armada kapal milik PTK sudah mencapai lebih dari 100 unit terdiri dari kapal Cargo, Small Tanker, AHTS, Harbour Tug, Mooring Boat, SPOB, Pilot Boat dan RIB.

"Sesuai rencana program investasi yang telah disetujui oleh Pemegang Saham, maka PTK setiap tahun akan terus menambah armada kapal milik secara bertahap, karena banyaknya jumlah permintaan pelanggan akan kapal guna menunjang operasinya," ujarnya.

Direktur Wholesale Banking Mandiri Syariah, Kusman Yandi mengatakan, kerjasama Mandiri Syariah dengan PTK ini semakin menguatkan sinergi antar grup BUMN. Selain itu juga meningkatkan peranan bank syariah dalam literasi keuangan syariah sesuai yang diamanahkan pemerintah agar berdampak positif pada perekonomian nasional.

"Sejalan dengan maqashid syariah, Mandiri Syariah tidak hanya hadir sebagai sahabat finansial tetapi juga sahabat spiritual. Untuk kemasalahatan umat 2,5 persen laba perusahaan dialokasikan untuk dana kebajikan dan disalurkan pada bantuan kemanusiaan, beasiswa, anak yatim, pembangunan sarana pendidikan dan pembangunan masjid," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.