Sukses

Performa Kerja Turun saat WFH, Hindari 5 Toxic Kerja dari Rumah Ini

Liputan6.com, Jakarta Sudah hampir 4 bulan beberapa pekerja melakukan kerja dari rumah atau Work From Home/WFH. Nah, selama periode waktu yang lama ini, persepsi Anda tentang WFH mungkin telah banyak berubah. 

Apa yang awalnya tampak seperti anugerah yang menenangkan, pasti kini berubah menjadi mimpi terburuk Anda. Itu mungkin karena Anda melakukan pekerjaan secara tidak sehat dan menjadikan toxic sehingga menurunkan performa kerja Anda.

Melansir dari Timesofindia.com, Selasa (3/8/2020) berikut tindakan toxic saat bekerja di rumah yang bisa Anda hindari atau kurangi sehingga meningkatkan performa dan kualitas bekerja Anda. 

1. Mengaktifkan laptop segera setelah Anda bangun

Salah satu pekerjaan yang paling bisa diidentifikasi dari kebiasaan di rumah adalah bangun untuk pekerjaan Anda, bukan pagi itu sendiri. Sangat beracun untuk memulai hari Anda dengan catatan seperti itu. Ini juga berarti bahwa Anda tidur memikirkan pekerjaan Anda juga, yang sangat bermasalah. Belajarlah untuk memberi diri Anda waktu dan menenangkan diri Anda sebelum beralih ke pekerjaan.

2. Selalu bekerja di tempat tidur

Apakah Anda seseorang yang sering mengerjakan pekerjaan di atas kasur?. Hal itu akan menjadi racun ketika Anda mengerjakan pekerjaan. Bekerja di tempat tidur membuat seseorang benar-benar malas. Selain pekerjaan resmi, karyawan tidak terlibat dalam aktivitas lain apa pun, yang memengaruhi kesehatan mental dan fisik orang tersebut. 

Cobalah untuk menjauh dari tempat tidur setidaknya ketika Anda berada di zona kerja Anda.

 

2 dari 3 halaman

3. Jangan terfokus pada gadget terus

Beberapa orang terus-menerus cemas dengan pekerjaan mereka. Bahkan seharian mereka terus menyegarkan halaman atau berpindah menggunakan ponsel mereka selama 24/7. Ini dapat mengurangi kondisi mental Anda dan juga dapat menjauhkan Anda dari keluarga.

4. Tidak ada jeda di antara keduanya

Tidak seperti bekerja dari kantor, sepertinya tidak ada cukup istirahat ketika Anda bekerja dari rumah. Meskipun Anda sudah berada di rumah, Anda selalu merasa bersalah karena berada di rumah, bahwa Anda memilih untuk tidak membuat istirahat di antara Anda. 

Tetapi apakah Anda di kantor atau di rumah, istirahat sangat penting, untuk menyegarkan pikiran.

5. FOMO dan kecemasan yang serius

Ketika kita berada di tempat kerja, kita selalu sadar akan apa yang terjadi. Tetapi saat berada di rumah, telepon dan email adalah satu-satunya sumber informasi terkait kantor.

Karena itu, beberapa Anda merasa berkewajiban untuk membawa telepon ke mana-mana, sementara Anda merasa cemas kehilangan pemberitahuan dan berita penting. Meskipun penting untuk tetap mendapat informasi terbaru tentang segala hal, kita perlu mengendur dan bersantai.

Reporter: Erna Sulistyowati

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: