Sukses

Tingkatkan Optimisme Pasar, Jokowi Diminta Tampil di Televisi

Pengamat meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlibat aktif dalam memberikan motivasi langsung kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Bisnis dari Peka Consult, Kafi Kurnia, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlibat aktif dalam memberikan motivasi langsung kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Sebab, itu menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan presiden untuk meningkatkan optimisme pasar.

Menurut dia, cara yang paling gampang adalah dengan Presiden Jokowi tampil di tengah publik melalui siaran televisi. Setidaknya, Mantan Walikota Solo itu bisa memberikan penjelasan dan ketenangan di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Yang dibutuhkan Indonesia sekarang ini ada leadership. Kalau menurut saya (Presiden) Jokowi muncul lah sekali-kali di TV gitu kan dan kemudian memberikan arahan sehingga situasinya tidak tercerai berai seperti sekarang ini," kata dia, dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (11/7).

Dia mengatakan, kepercayaan publik dan pasar akan meningkat jika pemimpin berani tampil. Kondisi ini pun, kata dia, seringkali dilakukan oleh negara-negara luar seperti di New York. Di mana pemimpin atau perdana menterinya setiap hari keluar muncul memberikan penjalan di televisi.

"Mungkin (di New York) lebih dari sejam menjelaskan secara gamblang situasi terkini dan itu tiap hari sampai situasi surut. Kalau menurut saya Jokowi sekali-kali nongol lah kalau enggak tiap hari mungkin seminggu sekali atau seminggu dua kali kan kalau rakyat tidak melihat pemimpin gue ke mana komandan gue nggak ada pada kabur," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memotivasi

Oleh karenanya di tengah situasi seperti ini, dia menekankan, agar Presiden Jokowi bisa terlibat aktif memotivasi dan memberikan harapan serta semangat kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

"Karena motivasi dan memberikan semangat itu juga penting kalau semangat juang kita sudah kena drop repot kita," tandas dia.

 

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pasar adalah tempat orang berjual beli. Namun pasar berkaitan dengan kegiatannya, bukan tempatnya.

    pasar

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Optimisme Pengusaha