Sukses

Awasi Jalannya Protokol Kesehatan, Pengelola Mal Ikut Bentuk Gugus Tugas

Gugus tugas ini bertugas melakukan pengawasan, pencegahan dan kontrol terutama yang bersentuhan langsung dengan pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta Sepekan lamanya pusat perbelanjaan  atau mal kembali beroperasi di era transisi ini. Pengelola pusat perbelanjaan pun terus memaksimalkan layanan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Pengelola Trade Mal (TM) Seasons City salah satunya. Selain dari internal pengelola, pusat perbelanjaan ini juga memiliki satuan gugus tugas (satgas) COVID-19 Season City dari unsur eksternal. 

Gugus tugas ini bertugas melakukan pengawasan, pencegahan dan kontrol terutama yang bersentuhan langsung dengan pengunjung.

HRGA Manager TM Seasons City Agus Widodo menjelaskan, langkah ini dilakukan sejak mal kembali dibuka pada 15 Juni.

Bahkan keberadaan satgas COVID-19 sejatinya sudah terbentuk di awal masa pandemi. Di mana tugas satgas saat ini menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

“Tim gugus pengendali COVID-19 Seasons City anggotanya ada 10 orang. Jadi setiap hari mereka berkeliling dan memantau dan mengingatkan pengujung yang tidak menggunakan masker dengan cara yang bersahabat, serta melakukan pengecekan jarak pengunjung untuk bisa berjarak minimal 1 meter dan tidak bergerombol,” jelas Agus di Jakarta, Jumat (24/3/2020).

Upaya meningkatkan penerapan protokol kesehatan, pengelola mal juga menggandeng Satuan Polisi PP dan Puskesmas Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

“Kami sangat mengapresiasi adanya kerjasama ini, mereka mendukung penuh seluruh kegiatan kami untuk dapat mencegah penularan Covid-19,” tambah dia.

Kerja sama ini berlangsung sejak 10 April 2020 untuk dapat membantu proses pengawasan kepada pengunjung dan juga tenant.

Satuan Polisi PP lebih fokus kepada pendisiplinan protokol kesehatan dan pihak Puskesmas melakukan tindakan represif apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan dari tenaga kesehatan.

Pria yang akrab disapa Widodo tersebut mengatakan, respon kedua lembaga sangat positif kepada pihak pengelola TM Seasons City hingga sempat viral di media sosial.

Petugas Satpol PP dan Puskesmas memberikan edukasi terkait kesehatan dan Covid-19 kepada para tenan dan pengunjung.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Rumah Sakit

Kedepannya, TM Seasons City akan melakukan kerja sama dengan pihak Rumah Sakit terdekat dan dapat menjadi rujukan untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan tindakan medis yang serius.

Tentunya untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak pengelola TM Seasons City telah menerapkan berbagai protap kesehatan Covid-19 seperti mewajibkan pengunjung untuk cuci tangan sebelum memasuki area trade mall, wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, dan penyediaan hand sanitizer sesuai dengan anjuran dari pemerintah DKI Jakarta.

Dari sisi jumlah pengunjung, Seasons City, d ibawah Agung Podomoro ini juga menerapkan peraturan pemerintah yakni menjaga tidak lebih dari 50 persen. Begitu juga dengan jumlah tenan yang buka, dijaga tidak lebih dari 70 persen.

“Demi menjaga jarak agar terhindar dari Covid-19, jumlah pengunjung kami jaga maksimal 50 persen, petugas kami berjaga untuk memastikannya. Kami hanya membuka 11 pintu dari 21 pintu yang ada demi mempermudah pengawasan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan saat hendak masuk area trade mall,” ujar Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.