Sukses

Wow, Gitar Kurt Cobain Laku Seharga Rp 85 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Gitar yang digunakan mendiang vokalis band legendaris Nirvana yaitu Kurt Cobain saat di pertunjukan MTV Unplugged tahun 1993, terjual dengan harga yang fantastis, yakni USD 6 juta atau Rp 85 miliar (estimasi kurs 14.242 per dolar AS).

Dilansir dari laman The Sydney Morning Herald, Minggu (21/6/2020), orang yang berhasil mendapatkan gitar The 1959 Martin D-18E, adalah pemilik Rode Microphones Peter Freedman. Peter mendapat gitar tersebut di acara lelang Music Icons Julien di Beverly Hills, California.

Tentu penawaran itu memecahkan rekor dunia untuk gitar termahal yang pernah dijual.

Awal lelang gitar tersebut dipatok dengan harga USD 1 juta, namun ternyata hal itu melebihi ekspektasi. Dan untuk penjualan yang akhirnya memecahkan beberapa rekor dunia.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Stratocaster hitam milik David Gilmour dari Pink Floyd, yang dijual seharga USD 3,95 juta atau Rp 54,68 miliar.

Alasan gitar Cobain laku terjual dengan harga yang fantastis, karena Kurt Cobain menggunakan gitar untuk memainkan lagu-lagu termasuk About a Girl dan All Apologies pada acara 18 November 1993 di New York, yang datang kurang dari lima bulan sebelum penyanyi dan penulis lagu meninggal pada usia 27.

Pertunjukan itu dimainkan ratusan kali di MTV dalam bulan-bulan setelah kematiannya, dan versi album yang dirilis pada bulan November 1994 terjual lebih dari 5 juta kopi. Tentunya Penjualan tersebut menetapkan lima rekor dunia baru termasuk gitar yang paling mahal.

 

2 dari 2 halaman

Cardigan

CEO Julien’s Auction Darren Julien mengatakan, telah menjual memorabilia Cobain lainnya di masa lalu, termasuk kardigan yang dikenakan pada kinerja MTV yang sama sebesar Rp 3,2 miliar, dan gitar Fender Mustang-nya, yang dijual seharga Rp 3,3 miliar.

Sehari sebelumnya di acara lelang yang sama, sebuah gitar khusus yang dimainkan oleh Gitar Raja Rock 'n' Roll Elvis Presley di puncak ketenarannya pada 1980-an dan 1990-an, juga dijual seharga USD 633.500 atau Rp 9 miliar, jumlah yang sedikit dibandingkan dengan gitar Cobain.