Sukses

Pascabanjir, Listrik DKI Jakarta dan Banten 100 Persen Normal

PLN seluruh Gardu Distribusi yang ada di wilayah DKI Jakarta dan Banten telah 100 persen dinormalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Usai pengamanan pasokan listrik yang dilakukan PLN pada saat terjadinya banjir 25-26 Februari 2020, seluruh gardu distribusi yang ada di wilayah DKI Jakarta dan Banten telah 100 persen dinormalkan PLN pada Kamis (27/2).

“Alhamdulillah listrik di Jakarta dan Banten sudah normal 100 persen, setelah kami pastikan seluruh wilayah aman dari banjir. Dari 2510 gardu terdampak di Jakarta, Banten dan Jabar, kami berhasil menormalkan 2.485 gardu. Terpantau pukul 15.00 wib, agrdu yang belum beroperasi tinggal 25 gardu distribusi dan keseluruhannya berada di wilayah Jawa Barat," ucap Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka, kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Dalam proses penormalan listrik seusai banjir di DKI Jakarta, Jabar dan Banten, PLN telah mengerahkan 2.383 personel untuk rutin melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

I Made menjelaskan PLN akan menyalakan aliran listrik jika gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan telah dipastikan aman, lalu dilakukan penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman. Jadi, jika wilayah tertentu belum dipastikan aman dari genangan air, maka aliran listriknya masih PLN amankan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Dipadamkan

Sebelumnya, akibat banjir yang terjadi di sejumlah titik yang melanda sebagian DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, PLN terpaksa melakukan pengamanan kelistrikan dengan cara tidak mengoperasikan sementara di sejumlah wilayah. Hal ini dilakukan guna menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

Adapun untuk wilayah Jawa Barat, wilayah yang masih belum dinormalkan di antaranya adalah sebagian Cikarang, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Diharapkan wilayah terdampak banjir tersebut dapat segera surut, sehingga pasokan listrik dapat segera kembali normal di seluruh wilayah Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.