Sukses

6 Tanda Rekan Kerja Mengeksploitasi di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang adalah bagian dari perlombaan di dunia kerja yang kompetitif ini. Beberapa menang dan menguasai permainan, namun ada juga yang tertinggal jauh di belakang.

Beberapa lainnya masih terus berjuang meski kemudian berakhir di tengah jalan dan beberapa orang lain tidak peduli akan hal itu.

Dalam kondisi apa pun saat Anda terpuruk, pastikan bahwa Anda tidak dipergunakan oleh seseorang untuk kepentingan apapun. Salah satunya di dunia kerja.

Lalu bagaimana Anda bisa mengetahui, apakah ada orang yang mengambil keuntungan dari Anda?. Cek 5 tandanya Anda dimanfaatkan rekan kerja di tempat kerja, melansir dari Mag For Women, Selasa (28/1/2020):

2 dari 2 halaman

5 Tanda-Tandanya

1. Mendekati Anda Berulang Kali

Apakah Anda pernah memberikan bantuan untuk seseorang tanpa mengharapkan imbalan apa pun? Ingat, ada orang yang mencoba untuk mengambil keuntungan dari sikap Anda.

Setelah mereka memahami bahwa Anda secara membabi buta menerima permintaan mereka untuk mendapatkan sesuatu yang dilakukan untuk mereka, mereka akan mencari jenis bantuan yang serupa lagi.

Anda hanya akan menjadi sarana untuk menyelesaikan semuanya. Waspadalah terhadap perlakuan seperti itu.

2. Mereka Mengharapkan Sesuatu dari Anda

Hati-hati! Ketika Anda mendengar seseorang mengatakan jika "Anda adalah yang terbaik," "Anda melakukannya dengan sempurna", ingat ini hanya ungkapan rayuan.

Mereka jelas ingin mengharapkan sesuatu dari Anda. Mereka terkadang memutuskan kapan Anda perlu melakukan beberapa hal. Itu adalah perintah yang mereka miliki pada Anda. Jadi, jangan terkecoh oleh ungkapan manis seperti itu.

3. Mereka Memperlakukan Anda sebagai 'keset'

Bahkan ketika Anda tahu bahwa kantor bukanlah tempat yang tepat untuk mencari teman sejati, Apakah Anda akhirnya mengambil tanggung jawab orang lain di bahu diri sendiri?

Anda selalu ingin berada dalam kesan yang baik dari orang lain, sehingga merasa berat sekali mengatakan ' tidak ' kepada mereka.

Jika hal itu terjadi secara teratur, ingat Anda hanya menjadi keset untuk orang lain. Anda tidak akan pernah dihormati dan hanya akan dieksploitasi karena kebaikan tersebut

4. Mereka Mengharapkan Anda untuk Menjadi Akomodatif

Semua orang tahu bahwa Anda sangat mampu diandalkan. Sifat kompromi Anda ini akan dengan mudah diambil untuk dieksploitasi oleh orang lain yang akan mempergunakan Anda ketika kesempatan muncul.

Tidak apa-apa untuk mengatakan bahwa tidak bisa melakukannya, jika Anda tidak bisa. Ini akan memberi Anda lebih banyak kedamaian daripada mengikuti keinginan orang lain.

5. Anda Selalu Mentraktir Apapun

Setelah makan makanan yang nikmat di kantin kantor, Apakah Anda yang selalu membayarnya? Jika itu adalah kebiasaan yang kerap terjadi, sangat mudah menyadari bahwa Anda sedang dimanfaatkan teman kerja.

Jangan "terlalu baik" dengan membayar setiap kali bagi orang lain, yang ada itu hanya keegoisan dari rekan Anda.

6. Anda Tidak Menagih, Mereka Berpura-Pura Lupa

Banyak situasi ketika Anda tidak dapat meminta sesuatu yang sebenarnya adalah utang mereka. Ini bisa dalam berbagai bentuk. Seperti pekerjaan yang harus dikerjakan tepat waktu, atau utang uang yang mereka pinjam.

Jika kondisi ini terjadi, dan Anda tidak puas dengan itu, maka ungkapkan saja. Jika Anda hanya duduk diam dan menerima keadaannya, akan terus dimanfaatkan di lain waktu.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
Kebijakan Kantor Tak Sejalan dengan Anda, Bagaimana Menyikapinya?
Artikel Selanjutnya
Tidak Bahagia di Tempat Kerja, Pertimbangkan 3 Hal Dulu Sebelum Berhenti