Sukses

10 Kota Terkaya dalam Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Sejarah salah satunya bercerita tentang peradaban kuno yang menggunakan pengaruh dan kekuatan untuk membangun kekayaan demi menjadi bangsa-bangsa yang besar.

Masyarakat saat itu, biasanya memperoleh kekayaan dari sumber daya alam, atau dengan mengambil alih kekayaan negara-negara tetangga yang menjadi jajahan.

Semua kerajaan besar tersebut kemudian pada akhirnya jatuh. Meski sebelumnya, mampu menjadi kota yang memiliki kekayaan melimpah di planet ini.

Daftar ini menampilkan kota-kota yang memiliki kekayaan yang tak terbayangkan. Kota mana saja, simak sepuluh kota terkaya dalam sejarah, seperti mengutip laman The Richest:

10. Delhi

Delhi memiliki sejarah panjang karena ini adalah salah satu kota tertua di planet ini. Kota ini telah dibangun dan kemudian dihancurkan beberapa kali, tetapi Legenda Mahabharata berbagi klaim kekayaannya.

Kota ini didirikan kepemimpinan Tomaras dan memiliki empat penguasa yang berbeda sebelum akhirnya berpindah tangan.

Semua pemimpin ini memilih untuk tinggal di Delhi dan membangunnya berulang kali, itulah sebabnya kota ini tetap kuat dan kaya selama berabad-abad meskipun sejarahnya telah membatu.

9. Roma

Ini adalah ibu kota Kekaisaran Romawi yang terkenal. Jadi bisa dipastikan warga kota ini memiliki kekayaan lebih dibandingkan kota lainnya.

Meski ada beberapa orang yang memilikikesenjangan besar dalam kekayaan. Di antara mereka, ada orang kaya yang memiliki lebih banyak uang daripada yang bisa kita bayangkan.

Augustus adalah salah satu dari orang-orang yang menjadikan Roma menjadi pusat kekuatan pada zaman kuno. Dia tidak hanya menaklukkan beberapa negara, tetapi juga mendorong perluasan seni dan sastra.

Namun kekayaan kota ini turun di bawah bimbingan Kaisar Nero. Tetapi masih tidak mengurangi kebesaran kota ini sebelum kejatuhannya.

2 dari 2 halaman

Lainnya

 

8. Cahokia

Kota ini memiliki puncak kejayaan antara 1.050 dan 1.200 M, kota ini terletak di Amerika dekat St. Louis dan memiliki masyarakat yang sangat tertinggal, bahkan tidak mengerti sistem penulisan.

Mereka berkembang karena iklim dan kondisi tanah yang subur, yang memungkinkan tanaman mereka tumbuh berlimpah.

Hasil panen besar ini lah sumber kekayaan warga kota ini. Dan menjadi kunci kekuasaan pada masa ini. Bukan berlian atau emas yang ditakar sebagai kekayaan saat itu. Bagi mereka, makanan adalah segalanya dan menentukan posisi Anda sebagai kota penguasa.

 7. Konstantinopel

Kota ini terletak di Turki modern dan sekarang dikenal sebagai Istanbul. Berdiri pada abad 7 SM dan berkembang pesat karena lokasinya dekat dengan saluran air yang terhubung.

Kota ini mencapai puncaknya ketika kaisar Romawi, Constantine, memutuskan bahwa lokasi ini menjadi kota favorit barunya.

Alhasil, Konstantinopel menjadi pusat kekayaan dan Kekristenan, serta tempat di mana bentuk-bentuk arsitektur baru mulai dibangun.

Kota ini mampu bertahan selama 1.100 tahun di bawah Kekaisaran Bizantium, ketika sumber kekayaan mengalirdan membantu mencampurkan beberapa budaya yang berbeda menjadi satu.

6. Tenochtitlan

Ini adalah kota Aztec dengan masa jaya 1.321 dan 1.500 Masehi. Kota ini dikenal dengan sistem kanalnya. Hernán Cortés mendokumentasikan pemikirannya tentang kota sebelum dia menghancurkannya.

Kala itu, dia menggambarkan tentang bagaimana kota tersebut memiliki pasar yang luas, dengan jalur perdagangan yang pesat dan penjualan berlangsung setiap hari.

Dia segera menghancurkan kota setelah dia melihat kekayaan yang bisa dia gunakan untuk memenangkan dirinya sendiri dengan kemuliaan dan kehormatan, tetapi sebelum invasi ini, kota ini dianggap sebagai salah satu kota terkaya di planet ini.

 5. Athena

Athena, Yunani adalah pusat pengetahuan dan kekayaan, serta rute perdagangan di dunia kuno. Tentara wilayah ini mungkin tidak seterkenal Sparta, tetapi kemampuan untuk berdagang dan mengejar pengetahuan membuka pintu yang mengarah pada meningkatnya kekuasaan mereka.

Dikatakan bahwa Parthenon menyimpan banyak koin perak. Namun, kejatuhan datang ketika wabah merusak wilayah ini. Penyakit ini menyebabkan pemimpin kesayangan mereka meninggal dan meninggalkan negara dalam kekacauan.

4. Great Zimbabwe

Kota ini memisahkan orang kaya dan orang miskin dengan dinding batu. Kota ini adalah satu yang diselimuti misteri yang telah meninggalkan beberapa pertanyaan yang belum terjawab.

Ini dimulai dengan komunitas pertanian sederhana dan akhirnya berubah menjadi kota yang dipisahkan oleh kelas petani dan raja.

Bangunan-bangunan baru didirikan untuk keluarga kerajaan, serta tembok yang terkenal, dan itu berfungsi sebagai pusat perdagangan utama untuk wilayah tersebut.

Mereka berjaya di abad ke-13 dan ke-14, sampai penurunan misterius mereka yang masih belum dijelaskan.

3. Hangzhou

Kota di Tiongkok ini memiliki beberapa dinasti. Tetapi juga memiliki sejarah yang dipenuhi cerita tentang kekayaan. Semuanya berawal dari Dinasti Sui, yang di masa itu mampu menghubungkan rute perdagangan dengan Beijing.

Dua kali berganti kepemimpinan sebelum menjadi ibu kota resmi Dinasti Song Selatan. Di era ini, industri mengalami booming.

Kota ini mencapai kemakmuran dengan kekayaan yang terus meningkat, terutama ketika sutra dan kain tenunan menjadi andalan ekonomi di wilayah tersebut.

2. Babylon

Kota ini adalah bagian dari Mesopotamia yang agung. Terletak di wilayah selatan Baghdad saat ini. Selama periode ini, wilayah itu menjadi ibu kota Babilonia. Namun wilayah ini tidak tumbuh dan memiliki kekayaan dan kekuasaan sampai diberikan kemerdekaan dari Asyur.

Kota ini mulai berkembang di bawah pemerintahan Nebukadnezar II. Saat dia mengambil alih bangsa-bangsa lain dan menggunakan kekayaan mereka untuk membangun negerinya sendiri.

Ini mungkin tidak berlangsung lama seperti kota lain, tetapi masih terkenal karena pernah menjadi kota penguasa.

1.  Aleksandria

The Great Alexander mendirikan kota ini dan menyatakannya sebagai ibu kota Mesir. Kota ini dengan cepat berkembang di bawah pemerintahannya. Dengan memiliki pelabuhan di Laut Mediterania dan beberapa usaha industri menjadi penopang.

Nilainya meningkat secara drastis karena perdagangan di wilayah ini tumbuh pesat dengan bantuan Kekaisaran Romawi, dan terus meningkat dan menurun seiring zaman. Bangsa-bangsa lain mengakui kota ini salah satu yang terkuat.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
24-2-1868: Andrew Johnson Jadi Presiden Pertama AS yang Dimakzulkan DPR
Artikel Selanjutnya
17-2-1998: Voyager 1 Jadi Pesawat Antariksa Terjauh Meninggalkan Bumi