Sukses

Biar Semangat, Begini Cara Mudah Usir Rasa Malas

Liputan6.com, Jakarta Tak dipungkiri, semangat kadang naik-turun tergantung dengan suasana hati saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kadang seseorang mengalami kondisi baik sehingga bersemangat tinggi dalam beraktivitas.

Namun kadang ada waktu di mana orang merasa tak punya motivasi dan tujuan untuk melakukan apapun atau sekadar malas

Jika sedang liburan, mungkin bermalas-malasan tak menjadi masalah karena tidak ada pekerjaan untuk diselesaikan. Namun jika Anda sedang bekerja atau beraktivitas, tentu bisa menjadi penghalang bagi kegiatan tersebut dan merugikan diri sendiri. Bisa dikatakan rasa malas merupakan hal yang memiliki dampak negatif bagi setiap orang yang beraktivitas.

Namun sejatinya, rasa malas juga bisa dihilangkan dari diri seseorang asal mau berusaha dan paham caranya. Biar bersemangat, begini cara mudah usir rasa malas, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Buatlah To Do List

Anda harus bisa membuat daftar apa yang akan dikerjakan (to do list). Dengan adanya daftar pekerjaan, akan membuat efektif dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena dengan daftar yang harus dikerjakan itulah Anda bisa mengetahui prioritas kegiatan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dan seterusnya. Jadi dengan jadwal ini pekerjaan tidak akan terlewat dan lupa dilakukan karena rasa malas yang menyerang.

2 dari 5 halaman

2. Jangan Tunda Pekerjaan

Jika sudah membuat daftar pekerjaan, jangan sekali-kali menundanya karena menganggap kurang penting. Menunda pekerjaan dengan cara seperti ini sama saja dengan menuruti rasa malas.

Berhenti menunda pekerjaan dan memulai pekerjaan dengan tepat waktu membuat Anda akan selalu terhindar dar rasa malas tersebut. Sekali menunda, biasanya akan dengan mudahnya menunda melakukan sesuatu hal di kemudian hari.

3. Memanfaatkan Waktu Luang

Jika ada waktu luang, tak ada salahnya bersantai dan menikmati waktu untuk mengusir penat. Bila Anda dapat memanfaatkan waktu dengan baik, maka rasa malas akan hilang dan jadi lebih fokus dalam melanjutkan aktivitas.

3 dari 5 halaman

4. Istirahatlah yang Cukup

Saat kurang istirahat, bukan hanya badan yang terasa lelah, tapi rasa malas juga bakal menghampiri. Rajin bekerja itu baik, tapi jangan mengabaikan yang namanya istirahat.

Maka dari itu, luangkan waktu untuk istirahat, baik saat bekerja atau sesampainya di rumah. Sebagai contoh, saat Anda libur, jangan sekali-kali menyentuh pekerjaan, tapi nikmati waktu untuk bersantai. Begitu juga saat bekerja, rehatlah sejenak ketika jam istirahat.

5. Carilah Penyebabnya saat Malas Muncul

Rasa malas bisa dihalau dengan mencari penyebab dari kemalasan itu sendiri. Biasanya rasa bosan, kurangnya motivasi, atau ada hal yang membuat kurang bersemangat dalam mengerjakan sesuatu telah membuat Anda malas melakukan apapun.

Jika sudah mengetahui akar masalahnya, bisa dengan mudah Anda menghilangkannya.

4 dari 5 halaman

6. Memahami Tujuan Awal Aktivitas

Dengan memerhatikan dan memahami apa tujuan dari aktivitas yang akan dikerjakan itu bisa mengurangi rasa malas.

Jika Anda selalu paham apa yang dilakukan memiliki tujuan, tentu rasa malas bisa dihilangkan dan menjadi lebih bersemangat.

Jadi jika Anda malas, ingat selalu mengapa aktivitas itu dilakukan dan pahami tujuannya.

7. Coba Cara Baru agar Tidak Bosan

Malas dan bosan merupakan dua hal yang menjadi penghambat Anda beraktivitas. Kebosanan terjadi karena bekerja atau beraktivitas dengan cara yang itu-itu saja alias monoton. Oleh karena itu, bila merasa bosan Anda harus coba cara baru dalam beraktivitas.

Sebagai contoh jika bosan dengan meja kantor yang begitu-gitu saja, cobalah dekorasi meja kantor dengan sentuhan berbeda. Hal ini tentu bisa membuat Anda memiliki suasana baru saat bekerja dan rasa malas terusir.

5 dari 5 halaman

8. Minta Motivasi dari Teman atau Keluarga

Motivasi kadang sulit ditemukan dari diri sendiri dan perlu bantuan orang lain untuk memotivasi kita. Maka dari itu, lebih baik mencari teman agar bisa memotivasi diri terhadap rasa malas.

Anda bisa meniru kebiasaan mereka yang rajin atau meminta nasehat dan semangat dari mereka agar terhindar dari rasa malas tersebut.

9. Jangan Lupa Apa yang akan Didapat dari Pekerjaan Anda

Jika Anda tahu nilai apa yang didapat dari pekerjaan bisa saja akan terhindar dari rasa malas. Perlu dipahami bahwa jika Anda mengerjakan tugas tersebut keuntungan apa yang akan didapat.

Begitu pula sebaliknya, jika mulai malas-malasan pikirkan apa yang akan menimpa Anda terhadap pekerjaan tersebut. 

Intinya hampir sama dengan menemukan tujuan apa yang dipikirkan sebelum mengerjakan sesuatu, agar terhindar dari kemalasan yang sewaktu-waktu menerpa.

Raih Sukses dengan Cara Bersemngat

Jika Anda sudah paham cara-cara di atas, tentu semua itu tidak akan berhasil jika tidak melakukannya sekarang. 

Menghilangkan malas harus dilakukan semaksimal mungkin dan dengan cara nyata tanpa menunda-nundanya.

Jadi, tetaplah semangat dan jangan sampai membiarkan diri dihinggapi rasa malas.

Loading
Artikel Selanjutnya
Wajib Tahu, Ini Pentingnya Liburan untuk Kemajuan Karier
Artikel Selanjutnya
Suka Rumah Banyak Pohon? Cari Tahu Dulu Untung-ruginya