Sukses

6 Tips Tetap Fokus Kerja meski Rasa Malas Menyerang

Liputan6.com, Jakarta - Satu tantangan yang banyak dihadapi seseorang kala sedang bekerja adalah rasa malas yang sering menyergap. Kalau sudah begini, keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan pun bakal merosot drastis. Jangankan bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang diminta, mengerjakan satu saja akan terasa berat rasanya.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap semangat. Berikut ulasannya melansir Lifehack.org, Jumat (4/8/2017):

1. Atur jadwal kegiatan dengan baik

Buat daftar kegiatan harian Anda dalam sebuah catatan. Bisa dilakukan di laptop atau via ponsel. Dengan membuat rencana kegiatan ini, Anda sudah terbantu untuk menghilangkan rasa malas. Karena Anda akan setengah dipaksa untuk menjalankan apa yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

2. Buatlah prioritas dan fokus

Ketika Anda sudah mempunyai daftar tugas beserta analisisnya, maka langkah selanjutnya adalah menyusun prioritas.

Pilih pekerjaan mana yang lebih penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda lebih mengutamakan tugas remeh-temeh yang deadline-nya masih jauh, dibanding pekerjaan utama yang harus diselesaikan.

3. Cermati asupan makan

Jangan sembarangan makan dan minum jika Anda tidak mau dilanda kemalasan. Anda harus benar-benar cermat memilih makanan yang Anda makan.

Terlalu kenyang juga akan cenderung membuat orang menjadi malas. Karena itu, jangan makan terlalu kenyang. Aturlah asupan makanan, jangan sampai berlebihan.

Simak video menarik di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Dengarkan musik bersemangat

4. Dengarkan musik yang bersemangat

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara mengatasi rasa malas. Tentu saja musik yang didengarkan bukan yang bertempo lamban dan mendayu-dayu.

Kalau Anda salah satu penggemar musik Rock, Anda sudah berada di jalur yang tepat untuk melawan rasa malas. Mendengarkan musik Rock favorit di pagi hari akan memompa semangat Anda untuk bekerja dengan baik sepanjang hari.

5. Singkirkan pengalih fokus kerja

Jauhkan diri Anda dari berbagai hal yang bisa merusak fokus kala bekerja. Coba tahan niatan untuk membuka situs atau melakukan kegiatan lain. Percaya atau tidak, hal ini bisa dengan mudah menghilangkan keinginan Anda untuk bekerja.

Awalnya, ini memang sulit untuk dilakukan. Namun, apabila dilakukan terus menerus, maka rasa malas pun akan hilang dengan sendirinya.

6. Rapikan meja kerja

Salah satu hal yang bisa membuat malas untuk kembali bekerja adalah ketika Anda ‘disambut’ dengan tumpukan dokumen, surat atau benda-benda lain yang tergeletak di atas meja. Jangan hanya menatapnya saja. Segera rapikan agar tidak membuat Anda semakin penat dan malas bekerja.

Loading