Sukses

Di KTT ASEAN, Jokowi Bahas Kebutuhan Infrastruktur Penghubung ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Thailand untuk menghadiri rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN di Bangkok. Salah satu isu yang akan dibahas ialah ajakan bagi negara anggota ASEAN untuk membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep konektivitas dan Indo-Pasifik.

Dikutip dari Antara, Sabtu (2/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan terbatas bertolak menuju Thailand dalam rangka kunjungan kerja pada Sabtu.

Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekira pukul 09.40 WIB.

Di Bangkok, Thailand, Presiden diagendakan menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN dan KTT terkait lainnya yang digelar pada 2 hingga 4 November 2019.

KTT ke-35 ASEAN yang mengusung tema "Advancing Partnership for Sustainability" hendak memastikan kemitraan negara anggota ASEAN dan negara lainnya bagi keberlanjutan kemajuan di kawasan.

Sebelumnya, Kepala Negara menjelaskan dalam KTT ke-35 ASEAN nanti, Indonesia akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pasifik sehingga memberikan dampak ekonomi yang baik kepada negara anggota ASEAN.

"Kita harapkan dengan konektivitas yang baik (berkat infrastruktur), daya saing dari produk-produk yang diproduksi negara-negara ASEAN menjadi lebih kompetitif," ujarnya di Istana Merdeka.

Reporter: Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Hadiri KTT ASEAN, Jokowi Terbang ke Bangkok Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertolak ke Bangkok, Thailand dalam rangka menghadiri KTT ASEAN, Sabtu (2/11/2019). Ini merupakan kunjungan pertama Jokowi ke luar negeri usai dilantik sebagai presiden 2019-2024.

Dalam pertemuan dengan negara-negara Asia Tenggara itu, ada sejumlah isu yang akan dibawa. Salah satunya mendorong pembangunan infrastruktur dengan konsep Indo-Pasific.

"Besok (hari ini) kita ke Thailand yang pertama saya akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama-sama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo Pacific," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Melalui konsep itu, Jokowi menilai pertumbuhan ekonomi di negara ASEAN akan semakin membaik. Adapun beberapa keuntungan yang didapat antara lain, murahnya biaya logistik hingga barang-barang yang diproduksi lebih berkualitas.

"Kemudian kita harapkan pertumbuhan di negara ASEAN akan semakin baik karena pertukaran barang antar negara kita ini menjadi lebih gampang," ujarnya.

"Juga kita harapkan dengan konektivitas yang baik tadi kompetitivenes daya saing dari produk-produk yang diproduksi oleh negara ASEAN jadi lebih kompetitif," sambung Jokowi .  

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Akan Tinjau Kapal Selam Alugoro-405 di PT PAL Surabaya
Artikel Selanjutnya
Dampak Kabut Asap pada Industri Pariwisata Thailand