Sukses

E-Commerce Ini Sediakan Akses ke Fintech bagi Pelaku UMKM 

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerap menemui kesulitan dalam memenuhi kebutuhan usaha secara holistik, proses transparan dan efisiensi waktu. Berlatar belakang fenomena tersebut, e-commerce Ralali hadir di Indonesia 

Platform belanja kebutuhan bisnis karya anak bangsa itu melakukan berbagai inovasi yang menawarkan kemudahan usaha (sourcing), pengembangan usaha (scaling) dan penguatan usaha (sustaining) bagi pelaku UMKM melalui barang-barang digital. Dua inovasi terbaru Ralali.com ialah BIG Agent Platform Business on Demand dan pengembangan ekosistem digital (fintech dan digital goods). 

“Akses ke fintech dan platform BIG Agent yang ditawarkan Ralali.com diharapkan dapat menghubungkan jutaan tenaga kerja dengan pelaku bisnis dan UMKM di Indonesia,” kata Head of Engineering Ralali William Notowidagdo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Dia menjelaskan bahwa BIG Agent merupakan inovasi yang berdampak pada ekonomi digital Indonesia hanya dengan menjalankan pekerjaan sesuai preferensi yang ada di platform BIG Agent. Platform ini berfokus pada industri 4.0 dengan mengedepankan Artificial Intelligence (AI) sehingga dapat menganalisis perilaku konsumen dan penjualan serta memberikan solusi secara tepat.

Berbekal survei pasar yang dilakukan Ralali.com, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi bisnis dan pasar seperti survei tren, pelayanan, produk dan opini publik. Sementara promosi produk didukung melalui Sales Promotion Girl (SPG), pendistribusian flyer, ulasan produk atau aplikasi serta pemberian follower bagi akun media sosial pengguna.

Ketiga layanan utama tersebut merupakan solusi tepat bagi para pelaku bisnis yang menggunakan platform Ralali.com.  Tantangan terbesar yang dihadapi Ralali.com ialah mengedukasi pasar untuk go digital.

2 dari 3 halaman

Efisiensi Biaya

BIG Agent diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut melalui kemampuannya mengenali karakter, tren hingga kebutuhan masyarakat secara cepat dan akurat. Dalam mengelola infrastruktur perusahaan, Ralali.com didukung oleh Amazon Web Services (AWS).

“Kami lahir di era komputasi awan. Sejak 2018, kami memilih AWS karena mereka memiliki teknologi, ekosistem dan pengalaman pengguna yang mumpuni,” papar William. 

Sejak menggunakan layanan AWS, bisnis BIG Agent Ralali.com mengalami pertumbuhan, dari 400 agen pada Desember 2018 menjadi 300 ribu agen di bulan Juli 2018. Artinya, layanan ini mendukung pemrosesan data dan permohonan yang masuk.

“Kami senang karena AWS memungkinkan terciptanya efisiensi biaya serta mendukung kinerja kami dalam memberdayakan 1 juta UMKM di tahun 2019,” pungkas William.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Strategi Kementerian Koperasi agar Produk UMKM Lokal Bisa Mendunia
Artikel Selanjutnya
Marwan Jafar: Kontribusi UMKM Sangat Besar Topang Ekonomi Kerakyatan