Sukses

Profil Suahasil Nazara, dari Urusan Fiskal ke Wakil Menteri Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Suahasil Nazara didapuk sebagai tangan kanan Menteri Keuangan (Wamenkeu) Sri Mulyani. Hal itu disampaikannya langsung usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jumat (25/10/2019).

Bukan tanpa alasan Jokowi menugaskan Suahasil untuk membantu Sri Mulyani. Suahasil sendiri sudah sangat terkenal di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Menurut laman resmi Kementerian Keuangan, Suahasil lahir pada 23 November 1970. Dia mengenyam bangku pendidikan di Universitas Indonesia tahun 1994 jurusan ekonomi.

Kemudian melanjutkan pendidikan di Cornell University Amerika Serikat tahun 1997.

Di tahun 2003, dia mendapatkan gelar doktor dari University of Illinois at Urbana-Champaign Amerika Serikat.

Karier wakil menteri Jokowi ini tentu tidak jauh dari bidang ekonomi. Dia menjadi dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sejak 1999.

Suahasil juga pernah menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang Desentralisasi Fiskal tahun 2009 hingga 2011.

2 dari 2 halaman

Aktif di Beragam Organisasi Ekonomi

Wakil menteri Jokowi ini aktif di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai pengurus serta pernah menjadi Wakil Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) dari 2009 hingga 2015.

Tak hanya itu, keaktifannya di bidang organisasi juga dibuktikan dengan ditunjuknya Suahasil sebagai Koordinator Pokja Kebijakan di Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk Kantor Wakil Presiden RI dari tahun 2010 hingga 2015.

Dia juga pernah menjadi Anggota Dewan Komite Ekonomi Nasional (KEN) dari 2013 hingga 2014.

Lalu, sejak tanggal 6 Februari 2015, Suhasil menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan pada tanggal 31 Oktober 2016 dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai pejabat definitif Kepala BKF.

Loading