Sukses

3 Trik Mencapai Tujuan Keuangan

Salah satu hal yang dapat dilakukan seseorang untuk mengatur keuangan adalah dengan menetapkan tujuan

Liputan6.com, Jakarta Bila seseorang ingin kaya maka harus mengetahui seluk-beluk tentang keuangan sehari-hari miliknya. Bila tidak maka siap-siap dengan risiko yang terjadi.

Salah satu hal yang dapat dilakukan seseorang untuk mengatur keuangan adalah dengan menetapkan tujuan yang realistis agar dapat tercapai.

Dikutip dari Laruno.id, berikut beberapa kiat dan trik untuk mencapai tujuan keuangan.

1. Punya Anggaran

Sederhananya, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memiliki semacam anggaran. Sebab itu berkaitan dengan pelacakan, tidak hanya berapa banyak yang Anda hasilkan dan belanjakan setiap bulan, tetapi juga melihat ke mana setiap uang mengalir.

Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area masalah dan memastikan selalu memiliki keuangan.

Meskipun Anda dulu menggunakan pena dan kertas, sekarang ada banyak perangkat lunak dan program yang dapat membuat keuangan menjadi sederhana.

Ada banyak aplikasi yang berbeda untuk ponsel yang membuat anggaran menjadi mudah. Tanpa anggaran, sulit untuk benar-benar tahu berapa banyak yang Anda belanjakan, dan ke mana uang itu pergi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Otomatiskan Penghematan

Untuk mencapai tujuan keuangan, Anda harus dapat menghemat uang. Namun, menabung adalah masalah bagi kebanyakan orang dan itu adalah salah satu alasan terbesar untuk menahan orang mencapai tujuannya.

Seringkali orang akan lupa untuk menyimpan uang setiap bulan, dan akan menghabiskan begitu banyak uang untuk hal-hal tertentu.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah potensial ini dan memastikan bahwa Anda selalu menyimpan uang setiap bulan adalah untuk mengotomatisasi tabungan.

Jika uang masuk ke rekening tabungan tepat setelah Anda dibayar, itu menghilangkan kemungkinan penggunaan uang itu. Hal ini membantu Anda untuk tidak perlu mengingat jika sudah menabung setiap bulan.

3 dari 3 halaman

3. Belanja Lebih Cerdas

Belanja adalah salah satu biaya yang tidak dapat Anda hindari setiap bulan, karena Anda semua perlu makan dan minum. Namun, itu tidak berarti Anda perlu menghabiskan banyak uang.

Tetapi tidak ada yang meragukan bahwa banyak orang menghabiskan lebih banyak daripada yang seharusnya dibelanjakkan.

Anda bisa belanja dengan barang yang sedang diskon, karena biasanya jika awal bulan tedapat banyak diskon di supermarket. Dan jangan lupa membawa daftar belanjaan Anda untuk menghindari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.