Sukses

3 Cara Menyiasati Ketakutan Saat Berinvestasi

Liputan6.com, Jakarta Berinvestasi merupakan cara seseorang untuk memenuhi tujuan keuangan .

Tetapi kerap ada alasan yang membuat seseorang tak berani menempatkan uangnya pada instrumen investasi. 

Bagi Anda yang merasa masih ragu untuk berinvestasi, berikut cara yang dapat digunakan untuk mengatasi ketakutan saat berinvestasi. Berikut tiga cara diantaranya, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Mendidik Diri Sendiri

Metode yang paling sederhana dan paling mudah bagi Anda untuk mengatasi rasa takut berinvestasi adalah mendidik diri tentang topik tersebut.

Hal ini penting karena Anda harus paham tentang potensi masalah serta metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikannya. Inin seharusnya membuat Anda jauh lebih mudah dipahami dan lebih mudah dikelola.

Untuk itu, Anda tidak boleh berinvestasi sampai benar-benar memiliki pemahaman dasar tentang investasi karena taruhannya sangat tinggi.

Saat Anda berencana untuk menangani investasi daripada mempercayakannya kepada profesional keuangan, maka pemahaman Anda tentang berinvestasi harus benar.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

2. Tanamkan Rencana Investasi dalam Pikiran

Secara umum, spekulasi bukanlah jalan menuju sukses yang dapat diandalkan. Sebaliknya, Anda harus menetapkan tujuan tertentu ke diri Anda sendiri sebelum berinvestasi dalam instrumen keuangan. 

Misalnya, jika Anda tertarik untuk membangun kekayaan sebagai antisipasi masa pensiun. Bila ini yang dipilih maka Anda mungkin menginginkan portofolio investasi dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi tanpa terlalu banyak mengambil risiko dalam prosesnya. Ini berarti bahwa Anda mungkin tertarik pada 20-80 rasio saham dan obligasi.

3 dari 3 halaman

3. Praktik

Pengenalan awal dapat membantu Anda mengatasi ketakutan. Bagi Anda yang ragu-ragu untuk memulai investasi harus mempertimbangkan untuk melakukannya melalui akun perdagangan praktik yang ditawarkan beberapa platform.

Dengan cara ini, Anda dapat memahami investasi sebelum memulainya. Ini yang memungkinkan Anda untuk membangun pengalaman yang dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menetapkan Tujuan Karier dan Keuangan
Artikel Selanjutnya
Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Hancurkan Bisnis Anda