Sukses

5 Tips Membuat Resume Versi Universitas Harvard

Pakar karier dari Universitas Harvard berbagi tips membuat resume.

Liputan6.com, Cambridge - Jangan anggap resume hanya penting bagi lulusan baru. Mereka yang sudah bekerja pun disarankan aktif memperbaharui resume mereka sebagai persiapan mencari pekerjaan baru.

Ada banyak tips-tips mengenai membuat resume kerja di internet, dan kini tidak ada salahnya melihat tips membuat resume versi Universitas Harvard.

Situs resmi kampus Veritas itu menyebut ada lima hal penting yang wajib ada di resume.

Lima hal itu juga bukanlah memamerkan berbagai prestasi atau kegiatan, melainkan hal-hal sederhana. Contohnya, para ahli karier dari Universitas Harvard menyebut resume lebih baik jangan terlalu panjang.

Selengkapnya, berikut lima hal penting yang harus ada di resume versi ahli karier Universitas Harvard seperti dilansir Inc.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidak Ada Salah Eja atau Salah Grammar

Banyak resume yang masih mengandung kesalahan eja atau tata bahasa. Menurut survei CareerBuilder, 58 persen resume memiliki typo.

Kesalahan seperti ini membuat pihak perusahaan berpikir kamu tidak memerhatikan detail. Mantan eksekutif Google Laszlo Bock memberikan tips untuk membaca resume dari bawah ke atas sebagai teknik lebih fokus terhadap salah eja. "Membalikan urutan membantumu membaca tiap-tiap baris dengan lebih fokus," ujarnya.

3 dari 6 halaman

2. Jangan Lupa Alamat Email dan Informasi Kontak

Ingat, tujuan mengirim resume adalah agar pihak pekerja bisa menghubungimu untuk menjadwalkan wawancara. Jangan sampai pihak perusahaan repot-repot mencari kontakmu lagi, padahal isi resume sudah menarik bagi mereka. 

Sebagai tambahan, informasi yang bisa kamu masukan dalam resume adalah alamat situs atau blog, namun tentunya bila kontennya masih sesuai pekerjaan yang diincar.

4 dari 6 halaman

3. Beberapa Tips Pilihan Kata

Pakar menyebut lebih baik mengugnakan kalimat aktif ketimbang pasif. Selain itu, berikut beberapa kata kerja yang bisa kamu pakai di resume:

1. Menambah (increased)

2. Meraih (attained)

3. Memimpin (chaired)

4. Mengembangkan (developed)

5. Beradaptasi (adapted)

6. Mengatasi (solved)

7. Mengajak (persuaded)

8. Mengarahkan (directed)

9. Melatih (coached)

10. Mengurus (managed)

11. Mengeksekusi (executed)

5 dari 6 halaman

4. Susun Rapih Agar Mudah Dibaca

Tidak ada yang suka membaca resume yang acak-acakan dan tak enak dilihat karena masalah font, warna, apalagi emoji. Tetaplah menampilkan resume yang bersih dan tersusun.

Selain itu, jika resume lebih dari satu lembar, pastikan nama dan kontak hadir di tiap halaman dan jangan di halaman depan saja.

6 dari 6 halaman

5. Jangan Terlalu Panjang

Menulis resume beda dengan menulis novel. Tidak perlu pula menuliskan hal-hal tidak relevan dengan calon pekerjaan di dalam resume.

"Sebuah aturan baku yang bagus adalah satu halaman resume untuk pengalaman setiap 10 tahun. Sekalinya kamu berada di dalam ruangan, resume tidak terlalu penting. Jadi persingkat resume milikmu," ujar Eksekutif Google Laszlo Bock.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.