Sukses

Daftar Orang yang Lebih Kaya Berkali-kali Dibanding Miliarder Jeff Bezos

Sebelum internet membantu Bezos meraup kekayaan, orang-orang ini telah lebih dulu bekerja keras memperluas wilayah kerajaan, merektur prajurit terbaik dan melakukan jual beli emas.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal miliarder pendiri Amazon, Jeff Bezos? Bezos, yang punya kekayaan hingga USD 131 triliun, dinobatkan jadi orang paling kaya di dunia meski telah bercerai kemarin.

Tapi sebelum internet membantu Bezos meraup kekayaan, orang-orang terkaya ini telah lebih dulu bekerja keras memperluas wilayah kerajaan, merektur prajurit terbaik dan melakukan jual beli emas.

Sebelum revolusi industri, miliarder-miliarder ini sukses berkuasa di dunia. Dikutip dari The Richest, Kamis (8/8/2019), berikut orang terkaya sepanjang sejarah mengalahkan Jeff Bezos:

8. Henry Ford

Ketika meninggalkan dunia tahun 1947, Ford turut meninggalkan asetnya yang berharga: perusahaan dengan nilai lebih dari USD 200 triliun, Ford Motor. Miliarder anti getir ini ternyata dekat dengan Adolf Hitler dan pernah disoroti sebagai ekstrimis.

7. Muammar Gaddafi

Diktator Libya ini menimbun kekayaan hingga USD 200 triliun berkat 'usaha' eksploitasi minyak ke negara lain. Kejam, akhirnya diktator terkaya ini dibunuh oleh para penentangnya tahun 2011. Kabarnya, kekayaannya masih tersimpan di beberapa negara di Afrika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6. Nikolai Alexandrovich Romanov

Dinasti Romanov dikenal karena kekuasaan dan kekayaannya. Demikian dengan sang pemimpin dinasi, Nikolai Alexandrovich. Meski dia dan keluarganya dieksekusi, keluarga ini meninggalkan harta turun temurun yang sudah dikumpulkan sampai berjumlah setidaknya USD 300 triliun.

5. Andrew Carnegie

Pendiri Carnegie Steel, perusahaan baja besar dunia, ini punya kekayaan USD 310 triliun, tidak jauh dari kekayaan kaisar Rusia. Berbeda dengan orang kaya lainnya, Carnegie berhasil naik kelas berkat usahanya sendiri.

Dia bahkan pernah bekerja di pabrik kapas dengan bayaran USD 1,2 saja per minggu. Salutnya, meski sudah kaya raya, Carnegie tetap hidup sederhana dan menyumbangkan sebagian hartanya untuk amal.

4. Akbar I

Kekayaan kaisar Mughal ini tidak bisa dihitung. Kabarnya, harta Akbar sendiri saja merepresentasikan 25 persen ekonomi global saat itu. Akbar adalah orang yang terbuka terutama soal agama dan kepercayaan serta tertarik pada budaya dan kesenian. Sayangnya, setelah Akbar meninggal, penerusnya gagal menjaga kekayaan keluarganya.

3 dari 3 halaman

3. Genghis Khan

Kaisar Mongol ini memimpin ribuan tentara dan merajai beragam taktik perang padahal usianya masih 20 tahun saat itu. Hal ini membuatnya menjadi penguasa paling ditakuti, brutal sekaligus bergelimang harta.

Tidak ada yang tahu berapa harta kaisar kejam ini, namun dia dinobatkan jadi orang terkaya yang pernah hidup di dunia.

2. Augustus Caesar

Sebagai kaisar Roma, tentu saja Caesar tidak perlu susah payah menyentil Bezos dalam urusan duit. Tidak ada yang tahu berapa kekayaan sang kaisar, rumornya harta Caesar menggambarkan 30 persen ekonomi dunia saat itu. Dia juga dinobatkan sebagai salah satu pemimpin terbaik di dunia karena bisa menjaga perdamaian imperiumnya.

1. Mansa Musa

Mansa Musa adalah pemimpin Afrika Barat pada abad ke 14 dan diperkirakan punya kekayaan lebih dari USD 400 triliun. Kerjaannya memproduksi emas secara gila-gilaan, tak heran Musa hidup makmur bergelimang harta.

Sayangnya, setelah meninggal, anak Musa tidak bisa memimpin dengan baik hingga kejayaan kerajaan Musa runtuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.