Sukses

Wapres JK: Milenial Jangan Terjebak Hanya Jadi Penikmat Teknologi Saja

JK meminta agar masyarakat RI tak hanya berperan selaku konsumen teknologi saja, tapi juga mau berinovasi dengannya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyatakan, dalam membuat perencanaan ke depan, pemerintah akan pasang kuping terhadap ide serta gagasan dari masyarakat dan generasi muda untuk menentukan apa yang terbaik bagi bangsa.

Sebuah perencanaan akan berkorelasi dan berkaitan erat dengan teknologi serta Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karenanya, ia meminta agar masyarakat RI tak hanya berperan selaku konsumen teknologi saja, tapi juga mau berinovasi dengannya.

"Saya minta masyarakat untuk tidak terjebak sebagai penikmat dari perkembangan teknologi yang kian mempermudah pergerakan, melainkan harus menjadi bagian yang dapat menciptakan inovasi dengan teknologi tersebut," jelas JK dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2019).

Inovasi teknologi hanya dapat dilakukan apabila Sumber Daya Mineral (SDM) dapat ditingkatkan kualitasnya melalui pendidikan yang baik. Selain itu, dengan adanya bonus demografi yang dimiliki Indonesia dimana angka produktif lebih besar dibanding usia tidak produktif, dapat menjadi nilai tambah bagi generasi muda untuk dapat berinovasi.

"Menjadi tantangan tersendiri bagaimana kemajuan teknologi dan tantangan mengubah banyak kehidupan. Menjadi tantangan tersendiri untuk SDM dan generasi muda untuk membuat solusi dari tantangan tersebut," seru JK.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan

Berbicara seputar topik serupa, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, persoalan SDM di Indonesia memang masih menjadi tantangan yang perlu segera diselesaikan.

Sebab menurutnya, Indonesia memiliki potensi secara SDM yang besar ke depan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2018 lalu mencapai 71,39 atau meningkat sebanyak 0,82 persen.

"Meski demikian, jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, kualitas sumber daya manusia Indonesia menurut data HDI masih berada di peringkat menengah," kata Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.