Sukses

HP Lemot? Jangan Langsung Beli Baru, Mungkin Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - HP andriod menjadi salah satu produk yang paling populer di muka bumi ini. Jumlah penggunanya banyak sekali, bahkan hampir semua orang dewasa memiliki benda ini.

Berbagai merek HP android bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, mulai yang murah hingga yang paling mahal dan dihargai puluhan juta rupiah. Kinerja HP ini tentu akan sangat tergantung pada berbagai fitur yang tersemat di dalamnya.

Semakin canggih sebuah HP android, maka akan semakin baik juga kinerjanya. Namun, bagaimana jika ternyata kinerja HP yang tadinya cepat berubah menjadi lambat (lemot)? 

Kinerja HP android yang lemot tentu menjadi tantangan tersendiri bagi penggunanya. Bahkan bisa saja mengganggu aktivitas jika ternyata selama ini menggunakan HP tersebut untuk mendukung rutinitas dan berbagai pekerjaan.

Pastikan Anda memahami dengan baik berbagai hal yang dapat menyebabkan menurunnya kinerja HP android Anda, sehingga bisa melakukan perbaikan yang membuatnya bisa bekerja dengan normal kembali.

Hal ini penting, agar berbagai aktivitas Anda dengan menggunakan HP tersebut bisa berjalan dengan lancar. Jadi, kalau HP Anda lemot, mungkin ini penyebabnya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Memori Hampir Terpakai Habis

Mudahnya mengambil foto dan merekam video pada HP android menjadi aktivitas yang disukai banyak orang. Banyaknya jumlah foto dan video ini justru sering sekali memenuhi memori HP android, baik itu memori internal ataupun memori eksternal.

Selain itu, berbagai file lainnya juga bisa saja menumpuk dan tidak pernah dihapus atau bahkan dipindahkan ke media lain. Akibatnya memori hampir penuh dan hanya menyisakan sedikit ruang saja.

Kondisi memori yang penuh dan berat seperti ini akan membuat kinerja HP android menjadi lemot. Hindari kondisi ini dan mulailah memilah isi memori ponsel Anda.

Hapus berbagai file yang tidak begitu dibutuhkan. Anda juga bisa menambah memori eksternal dan menggunakannya untuk menampung berbagai file Anda, sehingga memori internal menjadi lebih sedikit isinya. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan berbagai file Anda ke media lainnya, seperti: USB, laptop, dan lainnya. 

2 dari 4 halaman

2. Terlalu Banyak Mengunduh Aplikasi

Jumlah aplikasi yang terlalu banyak di HP android juga akan memperlambat kinerja HP tersebut. Aplikasi yang terinstall terlalu banyak seperti ini akan memenuhi memori dan mempengaruhi kinerja RAM.

Semakin penuh RAM HP, maka akan semakin lambat juga kinerja ponsel tersebut, sehingga sangat penting untuk segera menguranginya. Mulailah cek berbagai aplikasi yang Ada di HP, sehingga Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang benar-benar Anda butuhkan dan gunakan.

Untuk berbagai aplikasi yang tidak begitu penting atau bahkan tidak terpakai, maka akan sangat tepat jika Anda menghapusnya. Hal ini akan membuat RAM lebih lega dan kinerja lalu lintas di HP Anda bisa berjalan dengan lebih lancar, sehingga Anda bisa menggunakan ponsel dengan lebih maksimal.

3. Banyak Aplikasi Berjalan (aktif)

Bukan hanya sekadar memilih dan menghapus aplikasi yang tidak perlu saja, Anda juga perlu cermat dalam menggunakan berbagai aplikasi yang Anda miliki. Membiarkan berbagai aplikasi berjalan dan tidak ditutup setelah digunakan, sama saja dengan ketika Anda menggunakannya.

Meskipun Anda sudah merasa tidak menggunakan aplikasi tersebut, sejatinya masih tetap jalan. Hindari kondisi seperti ini, sebab bisa membuat kinerja HP android Anda menjadi lemot.

Pastikan menutup semua aplikasi dengan benar ketika Anda sudah tidak menggunakannya. Sehingga kerja ponsel Anda jadi ringan dan tidak membuat lemot.

3 dari 4 halaman

4. Terlalu Sering ‘Update’ Aplikasi

Melakukan terlalu banyak update atau pembaruan aplikasi juga bisa saja membuat kinerja HP android menjadi lemot. Hal ini sangat mungkin disebabkan oleh aplikasi yang tidak sesuai.

Jika setelah melakukan update HP mengalami gangguan, maka melakukan uninstall pada aplikasi terbaru adalah pilihan yang tepat. Selanjutnya, Anda bisa install kembali aplikasi versi lama yang Anda gunakan sebelumnya. 

5. Menggunakan ‘Widget’ secara Berlebihan

Berbagai widget menarik memang tersedia untuk HP android, dan semua ini akan membuat tampilan layar ponsel Anda menjadi lebih keren. Namun jangan salah, penggunaan widget yang berlebihan juga akan menguras RAM pada HP Anda dan membuat kinerjanya menurun.

Hindari penggunaan widget yang seperti ini, Anda bisa menggantinya dengan wallpaper yang ringan saja, sehingga kinerja HP Anda tidak terganggu.

4 dari 4 halaman

6. Menggunakan Terlalu Banyak Akun ‘e-Mail’

Ada banyak aplikasi yang terinstall dan Anda menggunakan akun e-mail yang berbeda-beda untuk mengaksesnya, maka hal ini sangat mungkin membuat kinerja HP android Anda akan lemot.

Jumlah akun e-mail yang terlalu banyak ini akan memenuhi RAM dan sebaiknya dihindari. Anda bisa menggunakan satu akun e-mail saja untuk seluruh aplikasi yang Anda gunakan pada HP tersebut, sehingga kinerja HP Anda bisa berjalan dengan lebih lancar. 

Selalu Cek Berbagai Gangguan yang Bisa Bikin Lemot HP Anda

HP android yang lemot tentu akan sangat mengganggu, apalagi jika ternyata Anda membutuhkan perangkat ini untuk berbagai urusan pekerjaan. Hindari hal ini dengan cara melakukan pengecekan secara rutin terhadap berbagai gangguan yang biasa terjadi. Atasi gangguan HP android Anda dengan langkah yang tepat, sehingga ponsel tersebut bisa bekerja dengan maksimal.

Loading
Artikel Selanjutnya
Lakukan ini biar Anak Tak Rewel Saat di Pesawat
Artikel Selanjutnya
Suka Liburan di Gunung atau Pantai? Cari Tahu Kepribadianmu di Sini