Sukses

7 Kesalahan Termahal Sepanjang Sejarah

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda membayangkan kejadian besar yang merugikan suatu kelompok atau bahkan seluruh dunia, namun hanya disebabkan kesalahan yang tak seharusnya dilakukan? Ya, hal-hal ini pernah terjadi di Bumi selama beberapa dekade.

Kerugian yang dialami bisa berupa kehilangan tempat tinggal, gangguan kesehatan, psikis dan yang pasti, hilangnya materi berupa uang dan harta. Nah, apa saja kesalahan termahal yang pernah terjadi di dunia ini?

Dikutip dari The Richest, Sabtu (20/7/2019), berikut Liputan6.com lampirkan daftar kerugian termahal untuk Anda:

7. Typo Bursa Efek Jepang - Rp 3,2 Triliun

Kesalahan ketik pegawai bursa efek Jepang membuat perusahaan Mizuho Securities Company menderita kerugian jutaan dolar. Bukannya menulis satu lembar saham bernilai 610.000 yen, si pegawai malah menulis satu yen untuk 610.000 lembar saham. Jadinya, Mizuho rugi USD 236 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun, dengan asumsi kurs USD 1 sama dengan Rp 13.963. 

6. Pengorbit Iklim Mars - Rp 4,5 Triliun

Ilmuwan NASA membuat kesalahan perhitungan dalam perakitan mesin pengorbit iklim Mars ini. Ternyata, unit pengukurannya tidak akurat sehingga menyebabkan hasil kalkulasi kecepatan dan lintasan. Akhirnya, pesawat orbit ini jadi kesalahan termahal NASA.

2 dari 3 halaman

5. The Challenger - Rp 23,7 Triliun

Kejadiannya berawal saat murid sekolah Amerika mengikuti program Teacher in Space tahun 1986. Di sana, diperlihatkan pesawat sebagai demo pelajaran.

Tragis, saat terbang di angkasa selama 73 detik, pesawat langsung meledak, diduga karena adanya perbedaan temperatur. Kecelakaan ini memakan korban jiwa dan kerugian material.

4. Saham Apple Ronald Wayne - Rp 488,7 Triliun

Kalau selama ini Steve Jobs dan Steve Wozniak yang mendirikan Apple, ternyata ada satu orang yang juga terlibat dalam perumusan perusahaan namun malah menjual 10 persen saham miliknya dengan harga yang sangat murah, yaitu USD 800.

Adalah Ronald Wayne, yang takut perusahaan akan merugikannya dan memutuskan untuk menjual seluruh sahamnya. Ternyata, keadaan tidak seperti yang dibayangkan Wayne, meskipun dirinya merasa tidak menyesal.

3. Alaska - Rp 707,9 Triliun

Pada tahun 1867, Rusia menjual tanah senilai USD 7,2 juta pada Amerika karena dianggap tidak berguna dan tidak dapat ditinggali. Tak disangka, ternyata tanah yang dianggap tidak berguna itu menyimpan emas likuid di dalamnya.

Sekarang, Alaska bernilai USD 50,7 miliar atau sekitar Rp 707,9 triliun.

3 dari 3 halaman

2. Tangki BP Oil Bocor - Rp 850 Triliun

Kecelakaan kerja di BP Oil tahun 2010 lalu menyebabkan tangki minyak raksasa disana meledak dan bocor. Perusahaan kehilangan ratusan miliar Dolar dan ekosistem di sekitar tangki minyak mati. Mereka harus menunda pekerjaan hingga minyak yang bocor bersih dari laut.

1. Chernobyl - Rp 3.283 Triliun

Tempat ini dinobatkan sebagai tempat paling berbahaya di dunia karena paparan radiasi nuklir yang bocor tahun 1986 lalu dan masih memberi dampak hingga sekarang. Bukan cuma kerugian material, namun ribuan nyawa melawang kala itu.

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Film Horor dengan Biaya Produksi Termahal
Artikel Selanjutnya
Orang Brasil Memiliki Senyum Termahal di Dunia