Sukses

Stok Menipis, Harga Bawang dan Cabai Masih Stabil

Liputan6.com, Jakarta - Harga berbagai komoditas bahan pangan di pasar tradisional tak tak berubah sepekan usai Hari Raya Lebaran jika dibandingkan dengan pada saat Hari Raya Idul Fitri lalu.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (14/6/2019) di Pasar Mencos, Setiabudi, Jakarta Selatan, harga cabai hingga bawang terpantau turun jika dibandingkan dengan saat Lebaran kemarin.

Salah satu pedagang sayur di Pasar Mencos, Ibu Mutia (42) menuturkan, harga cabai merah keriting hari ini ia jual di angka Rp 40 ribu per kilogram (kg). Adapun untuk cabai jenis rawit ia banderol di harga Rp 30 ribu per kg.

Menurut Mutia, harga cabai belum mengalami perubahan atau stabil. Meski begitu, dirinya mengeluhkan stok sayuran yang sudah menipis. Itu disebabkan tempat pasokan dimana dirinya membeli sayur belum berjualan pada pekan ini.

"Kan bos-bos belum jualan, biasanya kita ambil dari Pasar Induk. Masih pada di kampung, belum dagang. Jadi stok juga makin sedikit," ujar Mutia.

Seirama, Ibu Romlah (58) juga mengeluhkan bos di pasar induk yang belum berdagang pada pekan ini. Tetapi dia meyakinkan bahwa minggu depan stok akan kembali utuh atau banyak.

"Sekarang itu di pasar kondisinya yang beli banyak, tapi barang sedikit. Minggu depan baru full lagi karena kan induk sudah mulai dagang," terangnya.

Adapun pada hari ini, Romlah mematok harga cabai merah keriting sebesar Rp44 ribu per kg. Sedangkan cabai rawit seharga Rp38 ribu per kg.

 

2 dari 3 halaman

Bawang

Untuk komoditas bawang sendiri, Romlah menjelaskan tidak ada kenaikan harga. Bawang merah dibanderol Rp 40 ribu per kg. Sedangkan bawang putih dijual Rp 44 ribu per kg.

Sementara itu, ada satu komoditas yang Romlah sebut mengalami kenaikan pada hari ini. Itu ialah komoditas sayuran tomat. Tomat dibanderol sampai Rp 18 ribu per kg.

"Tomat aja yang naik, kita belinya aja sudah Rp 15 ribu per kg. Jualnya Rp 18 ribu per kg jadinya," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: