Sukses

Rhenald Kasali: Mudik Tahun Ini Jauh Lebih Nyaman dan Manusiawi

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali menyatakan, mudik Lebaran tahun ini jauh lebih nyaman, lancar dan manusiawi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Akhirnya kita bisa mencapai apa yang sudah lama kita inginkan dalam suasana mudik aman, lancar, modern, namun juga tetap Indonesia yaitu gotong royong dan guyub rukun," ujar dia di Jakarta, Selasa (4/6/2019),

Dia mengungkapkan, masyarakat sebenarnya telah lama memimpikan perjalanan naik kereta api yang begitu manusiawi. Hal tersebut telah terwujud  beberapa tahun yang lalu. 

Kemudian, masyarakat juga menginginkan perjalanan darat saat mudik Lebaran yang tak lagi macet dan tak banyak korban. Menurut Rhenald, hal tersebut telah nikmati masyarakat mulai tahun lalu.

"Tetapi jalan tol yang terhubung, yang membuat kita merasa lebih punya kepastian dalam bepergian bersama keluarga, lebih banyak berhemat waktu dan biaya, terbebas dari macet dari ujung  sampai ke ujung, benar-benar kita rasakan mulai tahun ini. Terimakasih Presiden. Terimakasih  atas peran BUMN seperti Waskita Karya serta BUMD milik Pemprov Jawa Tengah dan Jawa Timur yang telah bekerja keras untuk mewujudkannya," jelas dia.

Secara keseluruhan, lanjut Rhenald, mudik tahun ini memang jauh berbeda, di mana arus kendaraan sangat lancar, jauh lebih aman dan menyenangkan. Selain itu, toilet yang berada di rest area tol bersih dengan jumlah yang banyak. Kemudian, pihak kepolisian juga jauh lebih responsif dan ramah.

"Tinggal kini airport yang tak seramai tahun-tahun sebelumnya, karena pilihan transportasi semakin banyak dan terbuka. Bagi saya ini adalah bukti kehebatan manajemen yang kedua di era ini, selain keberhasilan manajemen perhelatan Asian Games yang lalu yang melibatkan banyak pihak dan logistik yang besar dan rumit," tandas dia.

2 dari 3 halaman

Mudik 2019 Lancar, PDIP Apresiasi Kerja Pemerintahan Jokowi-JK

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengapresiasi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla atas kelancaran mudik Lebaran 2019 tanpa hambatan berarti.

"Dengan kepemimpinan tepat, merakyat, dan kemampuan perencanaan yang matang, mudik lebaran tahun 2019 menunjukkan kemajuan pesat tanpa hambatan berarti. Selain itu, harga kebutuhan pokok rakyat relatif stabil dan terkendali. Baru kali ini mudik berjalan lancar dan terjadi di seluruh moda transportasi. Rakyat gembira atas capaian ini," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Senin (3/6/2019).

Bagi PDIP, masih kata dia, watak pemerintah diukur dengan cara sederhana, yang bertitik tolak dari apa yang dirasakan rakyat dan bagaimana pemahaman pemimpin terhadap rakyatnya.

"Pemerintahan Jokowi-JK mampu menjawab kebutuhan rakyat Indonesia. Mudik berjalan lancar. Tidak hanya itu, mudik mampu menggelorakan semangat gotong royong kolektif sehingga begitu banyak pihak yang terlibat, Pemerintah, Parpol, Swasta, dan BUMN yang tergerak mengadakan mudik bersama untuk rakyat Indonesia," ungkap Hasto.

Karenanya, lanjut dia, lebaran nanti, harus menjadi perayaan bersama semua bangsa. Dan harus saling mempersatukan.

"Maka lebaran, Idul Fitri, menjadi perayaan bersama, keagamaan dan kuktural, dimana semua bisa berhalal bihalal dengan tenang, gembira dan penuh semangat persaudaraan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: