Sukses

Mau Mandiri Secara Finansial? Coba 5 Tips Ini

Mandiri dalam urusan keuangan bisa membantu masa depan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Mandiri secara finansial terdengar sebagai prinsip berani yang diambil seseorang untuk keluar dari ketergantungan terhadap orang lain. Selama ini, pasti masih ada yang tergantung pada orang tua atau kerabat terutama dalam urusan finansial.

Daripada merasa tidak enak, lebih baik coba ambil resiko keluar dari bantuan mereka dan coba hidup mandiri secara finansial. Dengan 5 tips ini, Anda bisa mulai mandiri dalam mengatur keuangan, seperti dilansir Economic Times:

1. Berhenti Terima Uang dari Orang Tua

Bantuan dari orang tua memang membuat keuangan jadi mudah. Tapi, tujuan Anda ingin mandiri dalam urusan keuangan, bukan? Meskipun dana yang Anda miliki tidak banyak, jangan pernah ambil bantuan dari orang tua lagi.

Cobalah ambil resiko untuk bertahan dengan uang yang Anda miliki sekarang. Hal ini akan membantu mental mandiri Anda berkembang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buat Rincian Keuangan

Pertama, identifikasi apa saja kebutuhan Anda. Lalu, sesuaikan dana yang Anda miliki dengan kebutuhan tersebut. Iritlah dalam mengatur keuangan dan cari alternatif termurah dalam berbelanja.

3. Berhemat Saat Belanja

Saat belanja entah untuk kebutuhan sehari-hari maupun barang-barang hiburan, cobalah untuk berhemat dan mencari diskon atau cashback. Gunakan juga aplikasi yang memberikan cashback, contohnya uang digital, supaya Anda makin hemat.

Namun, hati-hati juga saat memilih diskon, pastikan harganya masih masuk akal. Perhatikan juga kualitas barang.

3 dari 3 halaman

4. Jangan Lupa Menabung

Menabung sangat penting untuk masa depan Anda, oleh karenanya jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk tabungan berapapun jumlahnya. Anda bisa menabung di bank, berinvestasi emas dan lain sebagainya.

5. Sediakan Uang Darurat

Uang darurat penting ketika Anda mengalami hal-hal diluar dugaan, seperti barang rusak atau kecelakaan. Ketika Anda tidak menggunakannya, uang tersebut bisa dipindahkan ke dana tabungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.