Sukses

Intip Rahasia Kelola Keuangan ala Orang Terkaya di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu ingin kaya dan sukses, bukan? Menjadi orang kaya memang menjadi impian semua orang di muka bumi ini. Namun, jika Anda hanya bisa berandai-andai tanpa melakukan usaha apapun, tentu keinginan untuk menjadi kaya tidak akan terwujud.

Daripada Anda terus bermimpi, coba ikuti cara kelola keuangan ala orang terkaya di Indonesia, yuk!

Orang Terkaya di Indonesia: Tips Rahasia Kelola Keuangan yang Bisa Kamu Ikuti

Agar keinginan menjadi orang kaya bisa terwujud, Anda harus melakukan hal yang mendasar dulu seperti mengatur pengelolaan keuangan agar tidak terlalu boros. Anda juga bisa perhatikan beberapa tips berikut ini, seperti dikutip dari TunaiKita.

1. Hati-hati dengan Pengeluaran Belanja Kecil

Memang sudah sewajarnya kalau banyak orang selalu hati-hati dalam mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, baik itu belanja atau pun investasi.

Namun, dalam berbelanja untuk hal-hal kecil kita cenderung ceroboh dan kurang hati-hati. Seperti halnya, tanpa disadari kita mengeluarkan uang untuk belanja hal-hal kecil yang cenderung menjadikan kita boros. Hal inilah yang harus dihindari.

Seorang penasehat keuangan asal Amerika, Suze Orman mengatakan bahwa sebaiknya Anda teliti terhadap apapun yang bisa kita hemat atas biaya apapun dan sekecil apapun. Jika semua terkumpul, semua itu bukanlah jumlah yang sedikit.

Nah, pengeluaran kecil jika Anda terus menerus mengeluarkannya secara tidak sadar, itu akan menjadi pengeluaran yang besar jumlahnya kalau Anda terus menerus membelanjakannya.

2. Fokus ke Masa Depan

Memang sangat mudah mengeluarkan uang untuk apa yang kita inginkan, akan tetapi Anda harus ingat bahwa suatu saat, jika hanya menuruti keinginan, sangat mungkin Anda bisa habis-habisan dan tidak punya simpanan lagi.

Untuk itu, mulai sekarang yang terbaik adalah berusaha fokus untuk memperhitungkan kebutuhan-kebutuhan di masa depan.

2 dari 5 halaman

3. Hindari Belanja, Hanya untuk Dapat Pujian

Memang ingin mendapat pujian adalah naluri setiap manusia, akan tetapi jika sudah berlebihan maka itu bukanlah keputusan yang baik.

Demikian juga ketika membelanjakan uang, jangan sampai itu semua ditujukan hanya karena gengsi semata. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan yang benar-benar diperlukan dan Anda butuhkan ya, Sobat!

4. Selalu Miliki Catatan Belanja

Anda sering mendengar istilah "put things in black and white"? Nah, ini merupakan pembelajaran yang berharga jika dihubungkan dengan hal finansial. Dalam hal finansial, Anda harus mengerti tentang the inflows and the outflows antara pemasukan dan pengeluaran.

Orang kaya selalu memiliki catatan dari mana uang mereka datang, dan akan ke mana uang mereka pergi. Sebuah perencanaan keuangan akan membantu Anda untuk bisa mengatur kemana uangmu dihabiskan.

3 dari 5 halaman

5. Bekerja keras

Tidak seperti anggaran orang pada umumnya, bahwa pekerjaan orang kaya itu hanya bersenang-senang dan menikmati hidup. Padahal sebaliknya, yang harus dilihat kenyataannya adalah para orang kaya selalu bekerja keras daripada orang pada umumnya, selagi mereka masih dalam usia produktif mereka akan selalu bekerja keras.

Dalam strategi keuangan, hal ini perlu terus dilakukan bagaimana caranya untuk selalu meningkatkan penghasilan. Dan ketika penghasilan naik maka harus dilakukan adalah memberi porsi tabungan.

6. Menginvestasikan Tabungan dengan Bijak

Banyak orang yang kadang kala mengabaikan sesuatu yang jumlahnya kecil. Hal ini harus kamu sadari bahwa sesuatu yang kecil itu dapat berlipat ganda sehingga menjadi jumlah yang besar.

Dalam memaksimalkan keuangan, investasi yang bijak merupakan cara yang sangat tepat. Menginvestasikan berapapun jumlahnya untuk menabung di bank untuk mendapatkan bunga bisa menjadi solusi.

Bagi yang tidak terbiasa, mungkin butuh waktu dalam melakukan hal ini. Namun, ketika Anda mulai menabungkan uang secara rasional, akan timbul rasa kepuasan sendiri daripada mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak rasional.

4 dari 5 halaman

7. Hidup Sederhana

Menjadi orang terkaya di Indonesia bukan berarti kamu hidup dalam kemewahan. Makan di restoran mahal, atau pergi ke mana-mana dengan pesawat kelas eksekutif.

Orang kaya justru tidak suka hidup dalam kemewahan. Kalaupun mereka membeli barang dengan harga yang mahal, biasanya karena barang itu lebih awet dan fungsinya yang bernilai lebih, bukan karena terjebak merek tertentu.

8. Banyak Beramal

Beramal tidak akan membuat Anda miskin. Terbukti banyak orang kaya yang hartanya tetap banyak dan malah semakin bertambah.

Jadi, tidak ada salahnya Anda menyisihkan sebagian uang untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Bila Anda murah hati menolong orang, kelak suatu saat pasti akan ada yang menolong bila sedang membutuhkan.

5 dari 5 halaman

9. Selalu Menabung

Apakah Anda berpikir kalau orang kaya tidak pernah menabung? Tentu salah! Justru mereka rajin menyisihkan uang untuk ditabung.

Tabungan sangat penting karena bisa menolong saat Anda membutuhkan dana mendesak atau perlu uang untuk investasi. Yuk, saatnya menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung dan jangan menghamburkan uang bila tidak perlu.

10. Bersikap Hati-Hati

Tidak semua orang di muka bumi ini jujur. Jadi Anda jangan mudah percaya kepada semua orang. Apalagi orang-orang yang berhubungan dengan bisnis, misalnya orang yang menawarkan investasi atau kerjasama bisnis.

Banyak kasus pedagang membohongi pembelinya atau tawaran investasi dengan imbal hasil tinggi yang ternyata bodong. Begitu juga dengan ajakan bisnis, yang bisa-bisa uang Anda dibawa kabur.

Maka dari itu waspadalah, jangan mudah percaya dengan hal-hal yang tidak Anda ketahui atau yakini. Sebelum membeli, melakukan investasi, atau melakukan kerja sama bisnis, Anda bisa melakukan riset dan mencari informasi terlebih dahulu agar tidak tertipu, ya!

Kerja Keras akan Membuahkan Hasil

Menjadi orang terkaya di Indonesia butuh kerja keras yang lebih. Anda bisa mengikuti cara-cara mengelola keuangan seperti ulasan di atas, ya! Semoga uraian tersebut bisa menjadi inspirasi Anda untuk ikut sukses dalam mengelola keuangan.

Semua kerja keras Anda akan terbayar sebagaimana mestinya, jadi tidak usah ragu untuk bersusah-susah di awal dan mendapatkan kesuksesan nantinya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kejar Nilai Perdagangan Berimbang, RI Dorong Ekpor Kelapa Sawit ke China
Artikel Selanjutnya
4 Tren Digital yang Harus Anda Ketahui di 2019